Sempat Protes, Honda Contoh Komponen Swingarm Milik Ducati

Hendry WibowoHendry Wibowo - Sabtu, 13 April 2019
Sempat Protes, Honda Contoh Komponen Swingarm Milik Ducati
Marc Marquez (Twitter/Repsol Honda)

BolaSkor.com - Pemandangan menarik terlihat pada latihan bebas kedua (FP2) lomba putaran ketiga MotoGP 2019 di Sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat, Sabtu (13/04) dini hari WIB.

Adalah fakta, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menggunakan komponen baru pada swingarm yang terletak persis di depan belakang.

Baca Juga:

Marc Marquez soal Sirkuit Austin: Sirkuit Berlawanan Arah Jarum Jam Cocok dengan Gaya Balap Saya

Hanya Takdir Buruk yang Bisa Gagalkan Marc Marquez Juara di MotoGP Amerika

Tentu saja desain ini mencontoh teknologi serupa milik Ducati yang sempat dipermasalahkan semua tim pabrikan MotoGP, kecuali Yamaha. Pihak Honda sendiri sempat mengajukan protes.

Kini setelah komponen tersebut dianggap legal, Honda mulai melirik komponen di swingarm yang bertujuan untuk membantu mendinginkan ban belakang.

Ketika ditanya oleh media, Marquez membenarkan komponen pada swingarm di motor Honda RC213V memang mencontoh komponen serupa di motor Ducati Desmosedici.

"Saya merasakan sesuatu yang menarik. Tapi kadang lebih baik untuk mencobanya lagi, menganalisa, memahami, dan tentu saja kami butuh informasi lebih banyak lagi," kata Marquez.

Ketika ditanya mengenai fungsi komponen ini, Marquez menegaskan memiliki efek gaya tekan. Sehingga ini merupakan teknologi untuk meningkatkan aspek aerodinamika.

Jika berefek gaya tekan, seharusnya komponen ini menyalahi regulasi. Tapi regulator kompetisi, dalam hal ini, Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) telah menilai teknologi di atas tidak bertujuan untuk meningkatkan aspek aerodinamika.

"Yang pasti, komponen ini punya aspek negatif dan juga positif. Jadi kami masih harus memahami yang terbaik untuk gaya balap saya," Marquez menjelaskan.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com

Marc marquez Repsol Honda MotoGP 2019 MotoGP Amerika Breaking News
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan