BolaSkor.com - Pandemi virus corona membuat seluruh event olahraga di Indonesia berantakan, termasuk Oceanman 2020. Lomba renang di perairan terbuka sedianya berlangsung pada April, tetapi kemudian ditunda.

Setelah berembuk dan fase new normal diberlakukan, Oceanman 2020 akhirnya mantap menentukan tanggal baru. Event perdana di Indonesia itu akan berlangsung pada 11-12 Desember.

Sebelumnya, penggagas Oceanman Indonesia, Alex dan Felix Sutanto, berencana menghelat event pada Agustus 2020. Namun, persiapan terlalu mepet sehingga diputuskan berlangsung akhir tahun.

“Ketika memundurkan jadwal ke 28-29 Agustus 2020, persiapannya sudah 60 persen. Namun, persiapan itu tidak bisa dilanjutkan begitu saja, karena ada beberapa hal yang harus kami lakukan menyesuaikan dengan standar 'new normal'," ujar Felix.

Baca Juga:

Formula E Rilis Jadwal Anyar, Tak Ada Seri Indonesia

Kasus Virus Corona Ditemukan di Indonesia, Formula E Monas Resmi Ditunda

“Keselamatan adalah hal terpenting. Oleh karena itu, kami akan melakukan evaluasi secara keseluruhan yang membuat persiapan membutuhkan waktu lebih panjang dari rencana awal. Inilah yang membuat kami mengubah jadwal ke Desember daripada mempertahankan jadwal semula," imbuh dia.

Meski sempat mengalami penundaan, Albert memastikan antusiasme peserta tidak berkurang. Justru, gairah berkompetisi semakin muncul setelah new normal diberlakukan.

“Sebelum April 2020, ada sekitar 300 peserta dari luar negeri yang melakukan registrasi. Ketika pandemi Covid-19 terjadi, mereka tidak menarik dana atau membatalkan kepesertaan. Beberapa orang dan komunitas renang Indonesia juga terus berkomunikasi dengan kami untuk mengupayakan ajang ini tetap terselenggara pada 2020," ungkap Albert.

“Kami berkomitmen untuk menyelenggarakan Oceanman pada 2020 dengan standar terbaik. Kami berharap, keadaan semakin kondusif, publik tetap antusias dengan Oceanman 2020, dan ajang ini bisa berkontribusi bagi Indonesia, setidaknya dalam bidang pariwisata," imbuh dia.