BolaSkor.com - Pebulu tangkis Indonesia, Ricky Karanda Suwandi, mengaku mengalami nasib serupa dengan Tontowi Ahmad. Ricky pun memberikan saran agar PBSI lebih baik ke depannya.

Pengumuman pensiun Tontowi melalui akun media sosialnya pada Senin (18/5). Terdapat beberapa alasan dia mundur dari dunia yang membesarkan namanya, termasuk perubahan SK menjadi magang.

Apa yang dinyatakan oleh Tontowi membuat banyak eks atlet nasional yang membeberkan pengalaman mereka. Termasuk di antaranya adalah Ricky yang sempat berbicara di media sosialnya.

Baca Juga:

Richard Mainaky Jelaskan Kronologis Perubahan SK Tontowi Ahmad

Ikuti Tontowi Ahmad, Sony Dwi Kuncoro Ceritakan Pengalaman Didegradasi PBSI

"Yang saya rasain waktu itu pasti menerima dengan lapang dada karena cepat atau lambat akan meninggalkan PBSI. Tetapi yang sangat di sayangkan adalah pengurus maupun pelatih tidak ada pembicaraan dahulu kepada saya," ujar Ricky saat dihubungi BolaSkor.com.

"Yang saya lakuin saat itu adalah tidak menyerah. Sebagai pemain bulu tangkis saya mengambil jalur profesional karena Tuhan mengajarkan saya untuk tidak menyerah."

"Untuk PBSI pengurus mau pun pelatih cara degradasi harus bisa menghargai atletnya. Pengurus dan pelatih harus lebih bijaksana itu aja sih," lanjut Ricky.

Ricky Karanda sempat delapan tahun berada di Pelatnas PBSI pada 2010 hingga 2018. Saat itu, Ricky sempat berpasangan dengan Angga Pratama dan Debby Susanto.