Senegal 0-1 Kolombia: Gol Tunggal Mina Bawa Los Cafeteros ke 16 Besar

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 28 Juni 2018
Senegal 0-1 Kolombia: Gol Tunggal Mina Bawa  Los Cafeteros  ke 16 Besar
Selebrasi timnas Kolombia (fifa.com)

BolaSkor.com - Kolombia mencatat kemenangan krusial atas Senegal pada laga terakhir Grup H Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Kamis (28/6) malam WIB. Gol semata wayang Yerry Mina di menit ke-74 sudah cukup untuk merebut tiket ke babak 16 besar. Sedangkan Senegal harus pulang lebih cepat.

Senegal yang hanya butuh imbang pada laga ini memasukan penyerang AS Monaco Keita Balde yang melakoni debut di Piala Dunia. Balde tampil berpasangan dengan Mbaye Niang di lini depan.

Sedangkan pelatih Kolombia, Jose Pekerman masih mengandalkan lini serang seperti saat laga kontra Polandia. Pekerman sepertinya sudah memercayai Juan Quintero dan James Rodriguez sebagai motor serangan dibantu oleh Juan Cuadrado. Carlos Sanchez kembali bermain setelah menjalani hukuman satu laga.

Kedua tim mencoba menguasai permainan sejak laga dimulai. Kolombia dan Senegal bergantian mencoba menghadirkan bahaya di area pertahanan lawan. Namun, usaha kedua kubu masih belum berbuah manis.

Pada menit ke-17, Sadio Mane dijatuhkan oleh Davidson Sanchez di kotak penalti. Wasit langsung menunjuk titik putih, namun kemudian memutuskan untuk melihat ulang rekaman melalui VAR. Dari tayang ulang, Sanchez terlihat berhasil mendapatkan bola dan wasit membatalkan keputusan pertamanya. Tidak ada penalti.

Pada menit ke-27, Mane berhasil melewati Yarry Mina namun Carlos Sanchez dengan baik membaca situasi dan berhasil menghadang Mane. Bola liar diterima Balde yang langsung melepaskan sepakan. Namun, bola berhasil dijinakkan kiper Kolombia, David Ospina.

Saat laga berjalan setengah jam, Kolombia kehilangan andalan mereka James Rodriguez yang harus digantikan karena cedera.

Hingga babak pertama selesai kedua kubu belum berhasil mencetak gol. Meski Senegal hanya butuh imbang, mereka justru lebih banyak melepaskan tembakan dibanding Kolombia di paruh pertama, empat berbanding satu.

Di babak kedua, Kolombia berusaha meningkatkan serangan mengingat mereka membutuhkan kemenangan untuk memastikan tempat di babak 16 besar. Namun, meski mendapat dukungan mayoritas penonton di stadion, usaha Kolombia masih menemui jalan buntu.

Pada menit ke-60, Samara Arena bergemuruh karena di laga Grup H lain, Polandia mencetak gol ke gawang Jepang. Dalam situasi ini, Senegal sementara ada di posisi pertama grup, sedangkan Kolombia di peringkat kedua.

Terus menekan, Kolombia akhirnya berhasil membobol gawang Senegal pada menit ke-74. Adalah Yerry Mina yang mencetak gol Kolombia setelah menerima umpan sepakan pojok yang dilepaskan Quintero. Gol ini langsung mengubah komposisi du Grup H. Kolombia kini ada di puncak, sedangkan Senegal terancam tersingkir di posisi ketiga.

Kini berbalik Senegal meningkatkan serangan untuk memburu gol penyeimbang demi tiket ke babak 16 besar. Namun serangan Senegal masih belum bisa menembus pertahanan Kolombia. Satu peluang digagalkan Ospina sedangkan lainnya tidak tepat sasaran.

Hingga laga usai, skor 1-0 untuk Kolombia bertahan. Dengan hasil ini Kolombia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup H dengan enam poin. Sedangkan Senegal harus angkat koper karena menempati posisi ketiga dengan raihan empat poin. Jepang yang juga meraih empat poin lolos di peringkat kedua karena memiliki catatan Fair Play, kartu kuning lebih sedikit. Jepang mengantongi empat kartu kuning, sedangkan Senegal enam.


Susunan Pemain

Senegal (4-4-2): K N’Diaye; Gassama, Sane, Koulibaly, Sabaly (Wague 73); Sarr, Kouyate, Gueye, Mane; Keita Balde (Konate 80), Niang (Sakho 85).

Kolombia (4-2-3-1): Ospina; Arias, Mina, D Sanchez, Mojica; C Sanchez, Uribe (Uribe 82); Cuadrado, Quintero, Rodriguez (Muriel 30); Falcao (Borja 89)

Breaking News Piala Dunia 2018 Kolombia
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan