Sengkarut Sponsor di IBL, West Bandits Solo Angkat Bicara

Andhika PutraAndhika Putra - Rabu, 24 Mei 2023
Sengkarut Sponsor di IBL, West Bandits Solo Angkat Bicara

BolaSkor.com - West Bandits Solo tengah diterpa angin tak enak. Klub yang diperkuat Rio Disi tersebut kesulitan finansial setelah sponsornya dilarang IBL.

West Bandits Solo mendapat dukungan dari Mansion Sports untuk mengarungi IBL 2023. Sayangnya, liga melarang logo dari perusahaan tersebut terpampang.

IBL beralasan Mansion Sports memiliki afiliasi dengan rumah judi. Sementara West Bandits Solo menjamin tak ada keterkaitan antara sponsor yang mendukung klub mereka dengan dugaan IBL.

“Tentunya kami pun sangat mendukung IBL yang diberikan mandat untuk menjalankan liga profesional di Indonesia untuk menyelenggarakan liga yang bersih dan terbuka,” kata Manajer West Bandits Solo, Cesar Wilhelm.

Akibat tak bisa munculnya logo Mansion Sports pada West Bandits Solo, klub tersebut saat ini mengalami masalah finansial. Beberapa kewajiban pemain terpaksa belum bisa dituntaskan.

West Bandits Solo menilai IBL seakan tak konsisten dengan aturan mengenai sponsor. Tak ada pemberitahuan mengenai larang sampai akhirnya musim 2023 mau bergulir.

“Pada musim 2021-2022, Mansion Sports sudah jadi sponsor dari West Bandits Solo dan itu diperbolehkan oleh IBL,” terang Cesar.

“Akhirnya mendorong klub untuk melanjutkan kerjasama sebagai sponsor utama klub hingga akhirnya mencapai kesepakatan terkait dengan nominal sponsor selama 3 tahun termasuk semua kewajiban yang harus dilakukan oleh klub selama periode tersebut,” kata dia.

Lebih lanjut, Mansion Sport dan West Bandits Solo sudah melalui kesepakatan pada Desember 2022 dan diketahui liga.

“Tetapi tanpa surat resmi yang dikeluarkan pihak liga, kami dilarang untuk menampilkan perubahan tersebut 1 hari menjelang diadakannya Media Day oleh satu staff IBL,” katanya.

“Bahkan design jersey yang telah kita kirimkan juga ditolak dikarenakan tidak sesuai dengan peraturan liga,” imbuh Cesar.

“Tentu hal ini membuat West Bandits Solo merasa keberatan, pasalnya pada musim sebelumnya boleh kenapa musim ini tiba-tiba dilarang? Sementara tidak ada peraturan dari IBL yang dirubah,” terang Cesar.

Permasalahan soal sponsor ini sudah mendapat tanggapan dari IBL. Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, berupaya mencari jalan tengah atas masalah tersebut.

“Kami selalu berkomunikasi dengan West Bandits terkait dengan perkembangan mereka. Untuk statusnya latihan tim tersebut sudah kami cek dan dalam status latihan,” terang Junas.

“Membantu dalam hal berbagai macam,” imbuhh Junas.