Sengketa Stadion Gelora Bung Tomo: Bonek Protes Piala Dunia U-20, PSSI Siap Cari Solusi untuk Persebaya

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 21 Januari 2020
Sengketa Stadion Gelora Bung Tomo: Bonek Protes Piala Dunia U-20, PSSI Siap Cari Solusi untuk Persebaya
Oknum Bonek yang buat rusuh di Stadion GBT. (BolaSkor.com/Keenan Wahab)

BolaSkor.com - PSSI berhasil melakukan negosiasi dengan FIFA untuk menggunakan 6 stadion guna penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia, Mei hingga Juni tahun depan.

Enam stadion akan dipilih berdasarkan10 stadion yang dipersiapkan PSSI. sepuluh Stadion yang dipersiapkan adalah Gelora Bung Karno (Jakarta), Patriot (Bekasi), Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Bogor), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Mandala Krida (Yogyakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Bali).

FIFA akan memutuskan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2021 pada tanggal 25 Januari mendatang. Sebelum FIFA memilih ada permasalahan internal terjadi di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Baca Juga:

Nova Arianto Beberkan Program Latihan Timnas Indonesia U-19 di Thailand

Komposisi Timnas Indonesia U-19 Masih Bisa Berubah

Bonek 'Menolak' Piala Dunia U-20 2021

Suporter Persebaya Surabaya, Bonek menolak tim kesayangannya main di luar Surabaya demi Piala Dunia U-20 di Stadion GBT, Surabaya. Mereka mendukung Piala Dunia U-20 digelar di Stadion GBT, namun Persebaya jangan sampai jadi tim musafir.

Maklum saja, banyak penolakan yang terjadi Persebaya bermain di berbagai daerah. Apalagi, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melarang Persebaya memakai Stadion Gelora 10 November Tambak Sari.

Bukan karena timnya, berbagai daerah menolak karena ada oknum Bonek yang melakukan tindakan krimininalisme hingga vandalisme.

Bonek berkeinginan Persebaya kembali bermarkas di Stadion Gelora 10 November. Namun, Pemkot menolaknya. Apalagi Stadion Gelora 10 November sudah tak masuk verifikasi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Timnas Indonesia U-19
Timnas Indonesia U-19. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Pemerintah Surabaya Ngebet Piala Dunia U-20 Digelar di Stadion GBT

Hal ini yang dilakukan Bonek secara tidak langsung bertentangan dengan Pemerintah Provinsi (Provinsi) Jawa Timur, yang notabenenya membawahi Pemkot Surabaya, pemilik dan pengelola Stadion GBT. Bagaimana pun Pemerintah daerah sangat mengusahakan Stadion GBT menjadi venue Piala Dunia U-20 2021.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mendukung Stadion GBT menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021. Bahkan, Pemkot Surabaya akan membangun empat lapangan latihan penunjang untuk peserta Piala Dunia U-20 2021.

Tidak jauh dari Stadion GBT, empat lapangan latihan tersebut akan dibangun di Karanggayam, Lakarsantri, Sambikerep dan Sememi.

Pemkot Surabaya bersama Pemprov Jawa Timur akan melakukan renovasi untuk Stadion GBT. Bahkan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, secara khusus ngebet meminta Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), agar mengusahakan kepada PSSI Stadion GBT menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021.

Hal ini tentu saja berkaitan dengan promosi pariwisata daerah Jawa Timur, terutama Surabaya di mata dunia. Ini untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Baca Juga:

FIFA Tentukan Venue Piala Dunia U-20 2021 pada Tanggal 25 Januari

Ketum PSSI Siap Laksanakan Instruksi Presiden Jokowi soal Piala Dunia U-20 2021

Piala Dunia U-20
Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (BolaSkor.com/Grafis)

PSSI Siap Cari Solusi Bantu Persebaya

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, menghormati protes Bonek. Namun, ia ingin Bonek mengalah demi kepentingan nasional.

Ia siap mencari solusi terbaik untuk markas Persebaya. PSSI akan membicarakannya dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Timur.

"Ya, kan saya harap teman-teman Bonek bisa mengerti. Usai Piala Dunia kan bisa kembali ke Persebaya. Saya pikir mohon dimengerti lah," kata Iwan Bule.

"Nanti akan didiskusikan. Kan ketemu nanti di kongres (Kongres Tahunan PSSI). Tentu ada solusi. Kami yakin teman-teman suporter Persebaya berbedar hati karena ada kepentingan yang lebih besar. Tapi, bukan berarti tidak besar yah persebaya, artinya ada kepentingan nasional. Nanti saya akan bicara sama Asprov," tambahnya.

"Harus persamaan persepsi dengan aparat keamanan. Karena memang indikasi lebih besar, tentu mereka khawatir terjadi sesuatu. Kami akan kordinasi dengan aparat karena sekarang sudah ada ketua-ketua di badan kompetisi dan komunikasi dengan Asprov, Intelkam, Karoop," ujar solusi dari Iwan Bule, agar pemerintah daerah lain menerima Persebaya bermarkas selama Stadion GBT digunakan dan renovasi untuk Piala Dunia U-20 2021.

Piala dunia u-20 Pssi Bonek Mochamad Iriawan Komjen Pol Mochamad Iriawan Persebaya surabaya Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.994

Bagikan