Sensasi Terbaru Haaland: Bikin Rekor dan Selebrasi Kontroversial

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 10 Maret 2021
Sensasi Terbaru Haaland: Bikin Rekor dan Selebrasi Kontroversial
Selebrasi kontroversial Erling Haaland (Twitter)

BolaSkor.com - Erling Haaland tak kunjung berhenti membuat sensasi. Penyerang berusia 20 tahun itu kembali menjadi pusat perhatian saat Borussia Dortmund menjamu Sevilla pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020-2021.

Dalam laga yang berlangsung di Signal Iduna Park, Rabu (10/3) dini hari WIB, kedua tim hanya mampu bermain imbang 2-2. Namun hasil itu sudah cukup membawa Dortmund lolos ke perempat final.

Haaland berperan penting di balik hasil imbang tersebut. Ia memborong semua gol Dortmund.

Baca Juga:

Perubahan dan Dampak Format Baru Liga Champions

5 Kuda Hitam yang Pernah Singkirkan Juventus dari Liga Champions

5 Comeback Terbaik dalam Sejarah Liga Champions

Aksi Erling Haaland kontra Sevilla

Dua gol tersebut membuat Haaland memecahkan sejumlah rekor. Ia menjadi pemain pertama yang mampu mencetak dua gol atau lebih dalam empat laga beruntun di Liga Champions.

Haaland juga menggenapi koleksi golnya di ajang Liga Champions menjadi 20 buah. Hebatnya, jumlah tersebut ia capai hanya lewat 14 laga.

Haaland memecahkan rekor Harry Kane yang membutuhkan 24 laga untuk mencetak 20 gol pertamanya di Liga Champions. Ia juga resmi menggeser rekor Kylian Mbappe sebagai top skorer kompetisi ini sebelum menginjak usia 21 tahun.

Satu rekor lain juga berhasil dipecahkan Haaland. Ia menjadi pemain Norwegia dengan koleksi gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions dengan menggeser Ole Gunnar Solskjaer.

Gol pertama Haaland pada pertandingan ini dicetak pada menit ke-35 lewat sebuah sontekan memanfaatkan umpan matang Marco Reus. Hal itu membuat Dortmund menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Pada awal babak kedua, Haaland mampu menggandakan keunggulan lewat titik penalti. Namun gol ini diwarnai sebuah drama.

Haaland awalnya mencetak gol lewat permainan terbuka pada menit ke-54. Namun wasit menganulir gol tersebut karena menganggap sang pemain lebih dulu melakukan pelanggaran.

Usai mengecek VAR, wasit justru memberikan hadiah penalti kepada Dortmund. Jules Kounde dianggap lebih dulu melakukan pelanggaran sebelum gol Haaland terjadi.

Drama tak berhenti sampai di sana. Haaland yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugas. Sepakan kerasnya mampu ditepis Yassine Bounou dan membentur tiang.

Namun wasit mengambil keputusan untuk mengulang penalti tersebut. Bounou tertangkap kamera lebih dulu bergerak melewati garis gawang sebelum eksekusi dilakukan.

Haaland tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Membidik arah yang sama, ia sukses menaklukkan Bounou.

Selebrasi kontroversial

Usai mencetak gol tersebut, Haaland melakukan selebrasi yang cukup kontroversial. Ia berlari ke arah Bounou dan berteriak dengan maksud mengejek.

Aksi tersebut membuat para pemain Sevilla emosi. Beberapa di antaranya coba mengejar Haaland yang berlari ke pinggir lapangan untuk merayakan gol.

Akibat ulah tersebut, Haaland diganjar kartu kuning. Ia seolah mengulangi aksi kontroversialnya musim lalu saat dianggap menghina pemain PSG lewat selebrasi yoga.

Namun Haaland punya alasan kuat melakukan hal itu kepada Bounou. Ternyata kiper Sevilla itu lebih dulu memprovokasi Haaland.

Kata-kata ejekan dilontarkan Bounou kepada Haaland tak lama setelah eksekusi penalti pertamanya gagal. Jadi, selebrasi itu hanya aksi balasan.

Borussia Dortmund Sevilla Erling Haaland Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan