BolaSkor.com - Sepak bola Indonesia berduka. Mantan pelatih Timnas Putri Indonesia, Satia Bagdja Ijatna meninggal dunia.

Kabar duka turut disampaikan PSSI pada Senin (3/8) malam. Satia Bagdja dilaporkan berpulang pada pukul 20.45, setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Hermina Grand Wisata Tambun.

"Turut berduka cita atas berpulangnya mantan pelatih Timnas Putri Indonesia, Satia Bagdja Ijatna. Semoga beliau mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT," tulis PSSI di akun Twitter-nya.

Baca Juga:

Gavin Kwan Adsit Ungkap Suasana Latihan Perdana Bali United

Pelatih Persib Robert Rene Alberts Beberkan Perkembangan Kesehatannya

Sepanjang karier kepelatihan sepak bola, Satia Bagdja akrab dengan nama Rahmad Darmawan. Pada musim 2012-2013, ia diketahui menjadi asisten Rahmad Darmawan di Arema setelah memberi jasanya dengan tugas yang sama di Pelita Jaya. Satia Bagdja turut membantu Rahmad Darmawan di Timnas Indonesia U-23.

Ia juga masuk tim pelatih Rahmad Darmawan ketika menangani Persija Jakarta jelang musim 2015. Satia Bagdja juga dibawa Rahmad Darmawan ketika melanjutkan karier di Malaysia dengan menangani T-Team.

Pada 2018, Satia Bagdja ditunjuk PSSI untuk menangani Timnas Putri Indonesia. Agenda yang dibebankan yakni Piala AFF Putri serta Asian Games 2018.

Setahun kemudian, Satia Bagdja dipercaya menangani Persiba Balikpapan. Ia ditunjuk menggantikan Salahudin. Sedangkan pada Maret 2020, ia masuk dalam daftar kandidat pelatih Timnas Putri.

Satia Bagdja yang tercatat pernah menjadi dosen menjadi sosok di balik pengembangan pelatih sepak bola Indonesia. Ia sempat menjadi instruktur kursus kepelatihan.