Separuh Gol dari Penalti, Pelatih Persebaya Bela Jose Wilkson

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 22 November 2021
Separuh Gol dari Penalti, Pelatih Persebaya Bela Jose Wilkson
Jose Wilkson Teixeira Rocha. (LIB)

BolaSkor.com - Penampilan Jose Wilkson Teixeira Rocha yang dinilai kurang greget lantas memantik kritik. Torehan enam gol di Liga 1 2021/2022 dianggap belum menunjukkan kualitas sejati striker asal Brasil tersebut bersama Persebaya Surabaya.

Jose Wilkson didatangkan Persebaya dengan ekspektasi tinggi. Dia diharapkan mampu menjadi pengganti ideal David Aparecido da Silva yang mengemas 35 gol dari 42 laga bersama tim asal Kota Pahlawan tersebut.

Hanya saja, Jose Wilkson dianggap belum menunjukkan standar terbaik sebagai penyerang haus gol. Padahal, dari 10 laga bersama Bajol Ijo, pemain 29 tahun tersebut telah mengemas 6 gol dan 1 assist. Namun, jika dibandingkan dengan dua striker asing Persebaya sebelumnya, justru Jose Wilkson lebih baik.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Jose Wilkson Bawa Persebaya Kalahkan Madura United

PT LIB Ubah Jadwal dan Venue Pertandingan Persija

Dengan perhitungan jumlah pertandingan yang sama, 10 laga, David da Silva cuma mengemas 4 gol. Belum lagi Amido Balde yang mengumpulkan 5 gol. Nama terakhir bahkan sempat sekali mencetak hattrick. Sedangkan satu dari 4 gol David da Silva, tercipta dari titik putih.

Kendati demikian, tak sedikit pendukung Persebaya yang menjuluki Jose Wilkson dengan sebutan Penalson. Julukan tersebut diberikan lantaran banyak yang menilai dirinya lebih mudah bikin gol jika lewat penalti. Sebab, 3 dari 6 gol Jose Wilkson yang diciptakan melalui penalti.

“Bagi kami, tidak ada masalah mencetak gol lewat penalti. Karena bagaimana pun itu (penalti) bagian dari pertandingan. Saya tetap mengapresiasi Jose Wilkson bisa cetak gol melalui titik penalti,” ungkap pelatih Persebaya Aji Santoso.

Pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut menegaskan jika Jose Wilkson merupakan eksekutor penalti pertama Persebaya. Menurutnya, pemain yang pernah berlaga di babak kualifikasi Europa League itu termasuk penendang yang bagus dalam penalti.

“Memang dalam latihan, prioritas pertama ketika kami mendapatkan penalti adalah Jose Wilkson nomor satu. Di (setiap) meeting (sebelum laga) pun sudah kami sampaikan. Karena dia memiliki tendangan yang akurat,” beber Aji.

Di sisi lain, gaya permainan Green Force juga kerap menjadi bahan perbincangan Bonek. Pasalnya, Taisei Marukawa dkk. banyak menciptakan peluang di tiap pertandingan, tetapi kurang baik dalam penyelesaian akhir. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Jose Wilkson Liga 1 Persebaya surabaya Breaking News Aji santoso
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan