Separuh Klub Peserta Premier League Tetap Raup Untung Meski Stadion Kosong

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 14 Agustus 2018
Separuh Klub Peserta Premier League Tetap Raup Untung Meski Stadion Kosong
Ilustrasi hak siar televisi (Zimbio)

BolaSkor.com - Sepuluh dari 20 klub Premier League disebut masih bisa meraih keuntungan meski bermain dengan stadion kosong. Hal ini terkait dengan besarnya penerimaan dari hak siar televisi. Temuan ini berdasarkan riset yang dilakukan BBC.

Musim 2016-17, klub-klub mengambil keuntungan dari rekor yang dibuat Premier League. Kala itu Premier League mencatat pemasukan mencapai 8,3 miliar poundsterling dari penjualan siaran televisi secara global. Alhasil pemasukan klub dari pembagian uang hak siar jauh lebih besar ketimbang uang yang masuk dari penjualan tiket.

Bahkan beberapa klub tetap meraup untuk meski pemasukan dari penjualan tiket dicoret dari neraca. Hal tetap terjadi meski harga tiket dinaikkan setiap musimnya.

Dr Rob Wilson, seorang ahli finansial olahraga dari Sheffield Hallam University mengatakan perubahan mulai terjadi pada 2012 lalu. Ketika Premier League berhasil menjual hak siar mereka senilai 3,1 miliar pound. Sejak saat itu bisnis sepak bola Inggris berubah drastis.

"Saat itulah ketika yang menjadi fokus adalah melecut uang dari televisi daripada penjualan tiket pertandingan," ujarnya.

"Saat klub menerima paling tidak 120 juta dari Premier League untuk menendang bola, mereka bisa bermain meski stadion kosong," dia menambahkan.

Dengan kata lain, menurut Wilson dari sisi menggalang pemasukan, klub tidak lagi tergantung dari penjualan tiket.

Sebagai contoh Bournemouth yang merupakan klub dengan stadion terkecil, hanya 11.450 tempat duduk, mampu mencatat pemasukan 136 juta pound, hanya 5,2 juta pound datang dari penjualan tiket.

Jadi sepenting apakah arti kedatangan suporter ke stadion? Jawabannya tidak bisa diukur.

Premier League
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan