Sepatu Musim Debut Michael Jordan Dilelang Rp8,2 Miliar

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 19 Mei 2020
Sepatu Musim Debut Michael Jordan Dilelang Rp8,2 Miliar

BolaSkor.com - Sepatu Air Jordan 1 yang dikenakan legenda NBA Michael Jordan pada musim debutnya terjual dengan harga 560 ribu dolar AS atau sekitar Rp8,2 miliar dalam pelelangan yang digelar rumah lelang Sotheby. Air Jordan 1 yang ditandatangani Michael Jordan tersebut awalnya hanya diperkirakan bakal laku dalam kisaran 100-150 ribu dolar AS.

Tetapi, ketika lelang berakhir pada Minggu (17/5) waktu setempat, sepatu Jordan buatan 1985 itu malah mencetak rekor harga lelangan baru di Sotheby. Meski lebih dikenal sebagai balai lelang untuk karya seni, Sotheby sejak tahun lalu mulai menggelar lelang khusus sneakers.

Baca Juga:

Nostalgia: Final NBA 1971 yang Lambungkan Nama Kareem Abdul-Jabbar

5 Pebasket NBA yang Tak Disangka Menangi MVP

Tayang Perdana, 'The Last Dance' Hadirkan Sisi Buruk Michael Jordan

Rekor harga tertinggi sebelumnya tercatat untuk sepatu lari Nike keluaran 1972 yang kesohor sebagai "Moon Shoe" dengan nilai 437,5 ribu dolar AS.

"Sepatu ini diproduksi antara Fwbruari hingga April 1985. Jordan memakai sepatu ini di awal kariernya. Ini merupakan titik awal karier Jordan dan juga popularitas sepatu," demikian pernyataan dari Sotheby.

Air Jordan 1 yang memecahkan rekor baru itu, berbeda ukuran untuk sebelah kanan dan kirinya, laiknya sepatu-sepatu milik Jordan lainnya yakni berukuran 13 (US) di kiri dan 13,5 (US) di kanan.

Lelangan tersebut berbarengan dengan peringatan 35 tahun submerek Air Jordan serta pemutaran serial dokumenter Jordan yang diproduksi ESPN bertajuk The Last Dance.

Sepatu itu dititipkan dalam lelang tersebut oleh kolektor sekaligus pendiri museum sneaker Shoezeum di Las Vegas, Jordan Geller.

Michael jordan
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.970

Bagikan