Sepekan Dua Kali Kalah, Barcelona Mainkan Laga Terburuk Kontra Almeria

Arief HadiArief Hadi - Senin, 27 Februari 2023
Sepekan Dua Kali Kalah, Barcelona Mainkan Laga Terburuk Kontra Almeria
Barcelona tumbang di markas Almeria (Twitter)

BolaSkor.com - Pekan lalu menjadi pekan yang sulit bagi FC Barcelona. Tidak hanya Blaugrana tersingkir dari Liga Europa usai kalah agregat gol 3-4 melawan Manchester United, Barcelona juga kalah saat memainkan lanjutan laga LaLiga.

Bermain di pekan 23 LaLiga di Estadio Mediterraneo, Senin (27/02) dini hari WIB, Barcelona kalah 0-1 dari gol tunggal El Bilal Toure (24'). Kendati mendominasi penguasaan bola 72 persen Barcelona hanya punya satu tendangan tepat sasaran (dari 13 percobaan).

Barcelona kalah dari Almeria yang tadinya berada di urutan 19 klasemen, zona degradasi, dan berkat tiga poin itu mereka naik ke urutan 15 klasemen. Barcelona masih di puncak klasemen tapi kini berjarak tujuh poin dari urutan dua, Real Madrid.

Bagi Almeria itu kemenangan perdana mereka melawan Barcelona, setelah sebelumnya tak pernah menang dari 13 laga di LaLiga (dua kali imbang dan 11 kali kalah). Permainan Barcelona pun cenderung mononton dari sisi sayap dan melepaskan umpan silang.

Baca Juga:

Sergio Busquets Akui Kekalahan dari Manchester United

Luapan Kekecewaan Robert Lewandowski terhadap Ansu Fati

Bak Dejavu 25 Tahun Silam, Barcelona Disingkirkan Manchester United di Eropa

Dari catatan Opta Barcelona melepaskan 47 umpan silang melawan Almeria, catatan tertinggi di satu laga tandang LaLiga sejak 2005-2006. Barcelona gagal memenangi seluruh lima laga dengan 47 atau lebih umpan silang di kompetisi pada periode tersebut (tiga kali imbang dan dua kali kalah).

Xavi Hernandez, pelatih Barcelona, tidak banyak beralasan dan melihat timnya bermain buruk bahkan menampilkan performa terburuk musim ini.

"Saya sangat marah karena kami memainkan permainan terburuk musim ini, terutama di babak pertama. Kami kekurangan sirkulasi, intensitas, ritme, kami tidak menunjukkan semangat untuk memenangkan pertandingan," cetus Xavi dikutip dari Marca.

"Di babak kedua, ya, tapi Anda tertinggal. Itu adalah pertandingan yang sulit, hari yang berat, tapi kami masih unggul tujuh poin di puncak."

"Kami gagal, kami meminta maaf kepada para penggemar. Akan sulit untuk memenangkan LaLiga, tetapi kami harus mengubah pola pikir kami. Kami tidak menunjukkan bahwa kami ingin menang."

Xavi merotasi skuad Barcelona usai bermain melawan Man United di Old Trafford dan tim masih kekurangan semangat, gairah (passion) kontra Almeria yang lebih berdeterminasi untuk meraih poin.

"Kami menyadari sedikit kelelahan, itulah mengapa kami melakukan rotasi, kami mengganti pemain," jelas Xavi. "Kami telah memainkan banyak pertandingan, tetapi kami melewatkan peluang emas, kami dapat membuka jarak menjadi 10 poin, tetapi itu tidak mungkin. Itu adalah hari yang buruk.

"Kami mencoba segalanya, pada akhirnya kami bermain dengan 3-4-3 itu, dengan (Ronald) Araujo di depan, kami memiliki peluang dengan umpan silang, tapi tidak terlalu jelas.

"Ada tim Almeria yang bermain untuk hidup mereka dan kami kekurangan intensitas dan semangat itu. Babak kedua berbeda, tapi sudah terlambat, mereka bertahan dengan sangat baik, mereka sangat bagus di dalam kotak," urainya.

LaLiga Barcelona FC Barcelona Almeria
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan