Sepenggal Cerita di Balik Debut Lionel Messi 15 Tahun Silam

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 17 November 2018
Sepenggal Cerita di Balik Debut Lionel Messi 15 Tahun Silam
Lionel Messi (FCBarcelona)

BolaSkor.com - 16 November 2003 merupakan momen bersejarah bagi sepak bola dunia. Bukan karena FC Porto resmi membuka Estadion Do Dragao sebagai markas anyar mereka, melainkan siapa yang muncul dari acara peresmian tersebut.

Ya, pada saat peresmian Estadio Dragao, Barcelona diundang untuk melakukan laga ekshibisi melawan tuan rumah. Inilah momen debut seorang Lionel Messi sebagai pemain profesional bersama tim utama Barcelona.

Dari titik debut inilah, Lionel Messi, La Pulga, menjelma menjadi bintang yang menyihir penggila sepak bola di kolong jagat ini. Sejak saat itu, berbagai rekor, trofi, dan penghargaan terukir atas namanya.

Semua itu diawali saat pelatih Barcelona saat itu, Frank Rijkaard memberi kepercayaan kepada Messi. Kepercayaan yang sebenarnya bisa dikatakan terpaksa karena saat itu Barca sedang diselimuti masalah cedera pemain. Selain itu, mayoritas pemain pilar Barca kala itu sedang bergabung dengan timnas masing-masing.

Rijkaard pun memanggil beberapa pemain U-19, termasuk Messi yang kala itu berusia 16 tahun. "Itu tanggal yang paling penting dalam karier saya," kenang Messi dikutip Marca.

"Saya akhirnya bisa melakukan mimpi saya sejak kecil. Hari itu saya sangat bahagia. Senang sekaligus gugup," lanjutnya.

"Ketika masuk lapangan saya menikmati setiap momennya. Saya ingat saya mendapatkan kesempatan bagus berhadapan dengan kiper, tapi saya gagal memanfaatkannya," kenang Messi yang dimainkan Rijkaard pada menit ke-75.

"Rijkaard mendatangi saya usai pertandingan. Dia bilang saya sudah membuang peluang."

Sebagai catatan menarik, Messi debut melawan FC Porto yang saat itu dilatih oleh Jose Mourinho.

Jaume Marcet, jurnalis dari BarcaTV mengungkap bahwa Messi datang ke studio satu hari setelah laga debutnya. "Dia datang ke Barca TV untuk melihat laga perdananya."

"Dia sangat sangat kritis terhadap penampilannya sendiri. Dia kesal kepada dirinya sendiri karena tidak membuat gol," lanjut Marcet. "Dia kemudian meminta kopi dari rekaman pertandingan."

Kini 15 tahun kemudian, bocah yang tidak puas dengan performa debutnya karena gagal membuat gol, kini merupakan megabintang dengan ratusan gol sudah dibuatnya di berbagai stadion di dunia, termasuk Estadion Do Dragao.

Lionel Messi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.914

Bagikan