BolaSkor.com - Di sisa 51 hari jelang penyelenggaraan SEA Games 2023 Kamboja, Chef de Misson Lexyndo Hakim, melanjutkan kunjungannya ke pelatnas judo di Padepokan Judo Ciloto, Puncak, Jawa Barat.

Di Ciloto, Lexy, sapaan akrab Lexyndo disambut Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Richard Sosrodjojo dan Sekjen Regina Lefrandt Vega.

"SEA Games tinggal 52 hari. Mungkin kesannya masih panjang, tapi sebenarnya kita tidak punya cukup waktu. Soal siap, saya yakin kita siap. Tidak perlu di ragukan lagi Indonesia punya nyali untuk menaklukkan siapapun lawannya. Saya percaya dengan keyakinan dan ketekunan kita bisa," ujar Lexy.

Di SEA Games Vietnam 2021, judo berhasil membawa pulang satu medali emas, satu perak dan empat perunggu. Medali emas disumbangkan Iksan Apriyadi yang turun di kelas 73 kg putra.

Di SEA Games Kamboja kali ini, judo yakin bisa meraih prestasi yang lebih baik dibanding di Vietnam lalu. Terlebih, di setiap sudut padepokan banyak terdapat kata-kata motivasi yang menjadi penyemangat atlet untuk berlatih keras mencapai prestasi.

"Kalian hanya perlu fokus berlatih, berdoa, menang. Seperti tulisan di sudut padepokan ini, medali emas sebenarnya tidak terbuat dari emas. Mereka terbuat dari keringat, tekad dan paduan yang sulit ditemukan yang disebut nyali," ungkap Lexy.

"Kumandangkan Indonesia Raya sebanyak-banyaknya di Kamboja. Sebagaimana lagu Indonesia Raya, bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Semoga emas dan prestasi terbaik bisa kita capai," imbuhnya menambahkan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PB PJSI, Richard mengucapkan terima kasih atas perhatian CdM Lexy atas kunjungannya ke Padepokan Judo di Ciloto. Ia juga berpesan kepada para atlet untuk tidak panik dan lebih dulu mempelajari data-data lawan sebelum berangkat bertanding.

"Ingat pesan Ketua Umum (Pangkostrad Mayjen TNI Maruli Simanjuntak) perjuangan bukan berakhir di matras. Terima kasih CdM. Kita perlu ingat 3 faktor, ikuti SEA Games, bawa pulang yang terbaik. Semoga upaya kita semua bisa terwujud yang terbaik, saya yakin," kata Richard.

Sekjen PB PJSI, Regina menambahkan ada 14 atlet judo putra dan putri yang akan berangkat ke SEA Games Kamboja nanti. Mereka akan turun di 13 nomor pertandingan, yakni kelas -55 kg putra, -60 kg putra, -66kg putra, -73 putra, -90 putra serta -44 kg putri, -48 kg putri, -52 kg putri, -57 kg putri dan -70 kg putri. Selain itu ada juga nomor tim beregu campuran, Kime No Kata dna Ju No Kata.

"Kami janji di SEA Games kami akan berbuat yang terbaik dan kami akan melampaui capaian di Vietnam," sebut Regina.