Seperti Portugal, 3 Tim Besar Masih Berpeluang Lakoni Playoff Piala Dunia 2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 15 November 2021
Seperti Portugal, 3 Tim Besar Masih Berpeluang Lakoni Playoff Piala Dunia 2022
Timnas Portugal gagal lolos otomatis ke Piala Dunia 2022. (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Portugal secara tragis harus mengikuti babak playoff untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Nasib serupa kini menghantui tiga tim besar lain.

Portugal merupakan salah satu unggulan yang dijagokan mampu melenggang dengan mulus pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Apalagi tim asuhan Fernando Santos itu hanya tergabung di grup A bersama Serbia, Irlandia, Luksemburg, dan Azerbaijan.

Di atas kertas, empat tim lain tersebut bukanlah lawan sepadan bagi Portugal. Nasib juara Piala Eropa 2016 tersebut masih lebih baik ketimbang tim-tim unggulan lainnya.

Baca Juga:

Portugal 1-2 Serbia: Cristiano Ronaldo Tak Bertaji

Cristiano Ronaldo Dua Kali Disakiti Timnas Serbia

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Portugal Tumbang, Spanyol Lolos ke Qatar

Namun Portugal tidak bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal. Mereka gagal mengamankan posisi juara grup untuk lolos otomatis ke Qatar.

Serbia menjadi batu sandungan terbesar Portugal di grup ini. Mereka tak mampu mengalahkan tim asuhan Dragan Stojkovic tersebut dalam dua pertemuan.

Duel terakhir bahkan berakhir tragis. Portugal yang bertindak sebagai tuan rumah justru takluk dengan skor 1-2.

Hasil ini memastikan kegagalan Portugal untuk lolos otomatis ke putaran final. Mereka kini harus mengadu nasib pada babak playoff yang rencananya berlangsung Maret tahun depan.

Kegagalan Portugal ini menjadi peringatan besar untuk tim-tim unggulan lain. Sejumlah favorit memang masih belum mengamankan tiket otomatis ke putaran final.

Setidaknya ada tiga tim unggulan yang mempertaruhkan nasibnya pada laga terakhir fase grup. Berikut rincian ketiga tim tersebut:

1. Italia

Timnas Italia

Italia menapaki jalan yang mirip dengan Portugal karena saat ini memuncaki klasemen grup C. Namun poin Gli Azzurri sama dengan yang dikumpulkan Swiss di peringkat kedua dengan sisa satu laga.

Italia tercatat hanya unggul selisih dua gol dari Swiss. Hal ini membuat segala kemungkinan masih bisa terjadi pada laga terakhir.

Beruntungnya, Italia tak harus saling bunuh dengan Swiss di laga terakhir. Namun tim asuhan Roberto Mancini harus bertandang ke markas Irlandia Utara.

Satu-satunya cara Italia mengamankan tiket otomatis ke Piala Dunia 2022 adalah dengan menang telak atas Irlandia Utara. Mereka juga berharap Swiss akan kesulitan saat menjamu Bulgaria.

Dua laga menentukan di grup C akan berlangsung secara serentak pada Selasa (16/11) dini hari WIB. Krusialnya momen ini bisa memberikan tekanan lebih kepada Italia yang berstatus unggulan dan juara Piala Eropa 2020.


2. Belanda

Timnas Belanda

Belanda menjadi unggulan selanjutnya yang berpeluang mengikuti jejak Portugal. Posisi Der Oranje di puncak klasemen grup G memang belum aman.

Belanda hanya unggul dua poin dari Turki jelang melakoni laga terakhir. Itu artinya posisi tim asuhan Louis van Gaal andai gagal menutup babak kualifikasi dengan kemenangan.

Masalahnya, laga berat menanti Belanda karena harus menjamu Norwegia. Sang calon lawan berpeluang merebut puncak klasemen andai mampu meraih kemenangan.

Norwegia saat ini memang duduk di peringkat ketiga dengan raihan 18 poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari Turki yang duduk di peringkat kedua.

Belanda sedikit beruntung karena Norwegia akan tampil tanpa Erling Haaland yang masih cedera. Hal ini setidaknya membuat tugas lini pertahanan mereka menjadi lebih ringan.


3. Inggris

Timnas Inggris

Inggris menjadi unggulan terakhir yang masih terancam mengikuti jejak Portugal. Namun posisi tim asuhan Gareth Southgate itu jauh lebih baik ketimbang Italia dan Belanda.

Inggris saat ini memimpin klasemen grup I dengan raihan 23 poin. Mereka unggul tiga poin dari Polandia jelang melakoni laga terakhir.

Inggris hanya perlu bermain imbang pada laga terakhir untuk mengamankan tempatnya di puncak klasemen. Apalagi Harry Kane dan kawan-kawan hanya akan bertandang ke markas San Marino.

Agak mustahil melihat Inggris kalah dari San Marino. Namun andai terjadi, Polandia belum tentu bisa menyalip karena tertinggal cukup jauh dalam urusan selisih gol.

Namun istilah bola itu bundar tetap berlaku dalam situasi ini. Inggris harus tampil serius dan mengalahkan San Marino untuk menyegel satu tempat ke putaran final.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Kualifikasi Piala Dunia 2022 Timnas Portugal Timnas Inggris Timnas Belanda Timnas Italia Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan