Sepp Blatter Klaim Penggunaan VAR Gagal

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 21 Juni 2018
Sepp Blatter Klaim Penggunaan VAR Gagal

BolaSkor.com - Mantan Presiden FIFA Sepp Blatter menilai penggunaan teknologi rekaman video untuk membantu wasit atau VAR sudah gagal. Dikatakan gagal karena Blatter menilai penggunaan VAR kurang konsisten.

Blatter, 82 tahun, berpendapat seharusnya FIFA hanya memakai satu orang "hakim" untuk memastikan keputusan yang diambil lebih konsisten sepanjang Piala Dunia.

Eks presiden asal Swiss itu hadir menyaksikan laga Maroko kontra Portugal. Pada laga itu kubu Maroko merasa banyak dirugikan wasit dan beberapa di antara keputusan itu tidak dibatalkan oleh VAR.

"Saya tidak menentang adanya bantuan untuk wasit. Kami sudah memulainya dengan teknologi garis gawang. Tapi jika Anda memiliki VAR, itu seperti memiliki ketua pengadilan dan itu harus sama di semua pertandingan," ujar Blatter dikutip SkySports.

"Dalam aturan permainan disebutkan 'berdasar opini wasit', jadi Anda punya wasit asal Amerika Selatan atau Eropa, mereka memiliki pendekatan berbeda untuk mengatasi masalah. Saya tak menentang teknologi, tapi ini tidak konsisten," ujarnya.

Komentar Blatter keluar setelah beberapa suara miring tentang VAR mulai muncul. Salah satunya terkait insiden saat Harry Kane terlihat dijatuhkan oleh bek Tunisia, Yassine Meriah di kotak penalti. Saat itu wasit tak memberikan penalti kepada Inggris karena menilai itu bukan pelanggaran. Dan, tak ada peninjauan VAR.

Meski banyak pro dan kontra, FIFA tetap menyatakan puas atas kinerja wasit dan VAR di Piala Dunia 2018.

Serba-Serbi Piala Dunia 2018 Piala Dunia 2018 VAR Sepp Blatter
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.964

Bagikan