BolaSkor.com - Barcelona memiliki keunggulan agresivitas gol tandang melalui agregat 1-1 dari lawatan mereka ke Stamford Bridge, markas Chelsea, di leg pertama 16 besar Liga Champions. Namun, keunggulan itu belum sepenuhnya membuat Ernesto Valverde, pelatih Barca, lega.

Agregat gol itu cukup rumit, karena di satu sisi Barca unggul hingga perlu bermain imbang tanpa gol untuk lolos. Namun, mereka takkan melakukannya, karena Barca selalu mengincar kemenangan dan bermain ofensif. Sementara untuk Chelsea, mereka wajib mencetak gol untuk menjaga asa lolos ke perempat final. Skor ideal untuk Chelsea agar bisa lolos adalah: 1-0 atau 2-2.

Kendati demikian, Chelsea takkan bermain terbuka untuk meladeni Barca karena mereka realistis, tahu konsekuensi jika mereka bermain terbuka melawan Blaugrana. Chelsea diprediksi akan bermain dengan cara yang sama seperti di leg pertama. Mereka akan mengandalkan serangan balik cepat dengan mengandalkan trio Willian, Eden Hazard, dan Pedro Rodriguez, atau memaksimalkan peluang dari situasi bola mati.

Taktik bermain itu pun telah diduga oleh Valverde. Ia khawatir dengan serangan balik Chelsea. Apalagi, tim asuhan Antonio Conte memiliki permainan yang terorganisir ketika bertahan, memainkan high pressing, untuk kemudian melakukan serangan balik dengan cepat.

"Saya pikir musim lalu, mereka salah satu tim dengan serangan balik terbanyak di Premier League. Saya khawatir mengenai ancaman bahaya Chelsea dari serangan balik, sangat teratur, melibatkan banyak pemain, seperti Hazard yang bisa mencetak gol dari berbagai sudut," ucap Valverde, sebagaimana diwartakan Sport-English, Rabu (14/3).

"Chelsea dapat bermain melebar, mereka dapat menekan tinggi - saya pikir itulah yang mereka lakukan di London di tengah pertandingan. Kami tahu ketika mereka bertahan, mereka sangat terorganisir. Mereka punya individu yang bagus. Laga nanti sangat sulit. Bukan saja untuk kami, tapi untuk tim manapun yang berhadapan dengan mereka," pungkasnya.

Wajar jika Valverde khawatir. Di leg pertama, gawang Barcelona yang dijaga Marc Andre ter Stegen bahkan bisa dijebol tiga kali oleh Willian, jika dua peluang di antaranya tidak menerpa mistar gawang. Tak pelak, laga nanti memunculkan tajuk utama, duel ketangguhan lini belakang Chelsea dengan daya serang Lionel Messi cs.