BolaSkor.com - Barcelona akan menjamu Real Madrid pada pertandingan lanjutan LaLiga 2020-2021, di Stadion Camp Nou, Sabtu (24/10). Pertandingan itu menghadirkan banyak pertanyaan yang menarik untuk dibahas.

El Clasico sering disebut-sebut sebagai pertandingan yang mempertemukan dua tim terbaik di Spanyol, bahkan dunia. Dalam sejarahnya, banyak pemain bintang yang saling memamerkan aksi untuk meraih kemenangan.

Baca Juga:

Menikmati Kisah Lionel Messi di El Clasico yang Hampir Berakhir

8 Fakta Menarik Jelang El Clasico Barcelona Vs Real Madrid

Real Madrid Kalah Dua Kali Beruntun, Ancaman Pemecatan Mulai Hantui Zinedine Zidane

Meski tak ada lagi pertemuan antara Lionel Messi melawan Cristiano Ronaldo, tetapi El Clasico tetap menarik untuk disaksikan. El Clasico memiliki nilai jual lebih dibanding pertandingan lainnya.

Namun, meski gaung El Clasico sangat kencang, tetapi masih ada beberapa hal menarik yang belum banyak diketahui. Berikut ini serba-serbi seputar El Clasico:

Apakah El Clasico adalah derby?

El Clasico

Biasanya, dalam sepak bola derby adalah pertandingan antara dua tim dari satu kota atau wilayah yang sama. Itu adalah pertandingan yang sengit dengan bumbu label penguasa wilayah.

Contoh derby yakni derby Manchester, derby London Utara, derby Milan, derby Ruhr, hingga derby Catalan. Semua yang disebutkan merupakan pertandingan antara dua tim dengan area georgrafis yang sama pada tingat kota.

Mengacu pada pandangan itu, El Clasico tidak bisa dikatakan sebagai sebuah derby. Bercelona bermarkas di Catalan, sedangkan El Real merupakan lambang kota Madrid. Kedua kota tersebut berjarak 300 mil.

Dari mana asal-usul nama El Clasico?

El Clasico

Istilah El Clasico sudah berlaku sejak bertahun-tahun yang lalu. Lantas, dari mana hulu julukan tersebut?

Awalnya, bentrokan antara Barcelona dan Real Madrid disebut sebagai El Derby di Spanyol. Sementara itu, El Clasico menjadi milik duel Boca Juniors versus River Plate.

Namun, kebangkitan Barcelona pada 1990-an membuat banyak orang menyematkan julukan El Clasico pada pertandingan itu. Artinya, adalah "The Classic" yang berkaitan dengan sejarah rivalitas yang sudah lama berlangsung.

Kapan pertama kali duel El Clasico dihelat?

El Clasico

Meskipun El Clasico terjadi pada setiap musimnya dalam beberapa puluh tahun terakhir, tetapi penting untuk mengetahui kapan pertandingan itu pertama kali digelar.

Barcelona dan Real Madrid bertemu pertama kalinya di semifinal Copa Coronacion pada tahun 1902. Turnamen itu diselenggarakan untuk merayakan penobatan 16 tahun Alfonso XIII. Itu juga merupakan kompetisi sepak bola pertama yang melibatkan klub-klub dari berbagai bagian Spanyol.

Pertandingan dimainkan di Hippodrome di La Castellana, satu di antara jalan terbesar Madrid, di mana Santiago Bernabeu saat ini berdiri. Permainan dimulai dengan intensitas tinggi, tetapi La Blaugrana mampu mengalahkan rival mereka 3-1 di ibukota Spanyol pada hari itu.

Steinberg (2) dan Henry Morris merupakan pencetak gol untuk Barcelona. Sementara itu, gol semata wayang Madrid dikreasikan Arthur Johnson.