BolaSkor.com - Piala dunia 2018 tinggal hitungan bulan. Rencananya, turnamen empat tahunan tersebut akan dilangsungkan pada 14 Juni 2018. Pertandingan antara tuan rumah, Rusia, kontra arab Saudi di Olimpiyskiy Stadion Luzhniki akan akan menjadi laga pembuka.

Piala Dunia 2018 akan diikuti oleh 32 negara. Spanyol, Brasil, Jerman, Argentina menjadi negara-negara yang diunggulkan untuk menjadi juara di Rusia. Sementara itu, untuk urusan pemain, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Neymar diperkirakan akan saling sikut untuk menjadi top scorer.

FIFA sebagai penyelenggara sudah mempersiapkan berbagai hal agar Piala Dunia berjalan lancar. Meskipun belakangan ini muncul isu tak sedap yang menyangkut ranah politik.

Satu di antara elemen terpenting dalam Piala Dunia adalah wasit. Sang pengadil menjadi kunci untuk pertandingan yang berjalan dengan baik, adil dan melindungi pemain dari tindakan kasar di dalam lapangan.

Cristiano Ronaldo memprotes keputusan wasit (Zimbio)

FIFA telah mengonfirmasi wasit yang akan memimpin laga Piala Dunia 2018. Nantinya, Piala Dunia 2018 dipimpinoleh 36 wasit dari seluruh dunia. Para wasit dipilih dari enam federasi kontinental yang beroperasi di bawah payung FIFA. Namun, jumlahnya tidak sama banyak.

UEFA menyumbangkan wasit terbanyak yakni 10. Namun di antara 10 wasit tersebut tidak ada satu pun yang berasal dari Inggris. Sementara itu, AFC, CAF, CONCACAF dan CONMEBOL masing-masing memiliki enam perwakilan sedangkan OFC hanya mengirimkan dua wasit.

FIFA sudah memonitor para wasit tersebut sejak September 2014. Menurut FIFA, pemilihan wasit berdasarkan pada keterampilan, kepribadian serta tingkat pemahamannya tentang sepak bola dan kemampuan untuk membaca taktik yang digunakan oleh tim.

Selain itu, FIFA juga menggelar pelatihan khusus selama dua pekan di pusat teknis asosiasi sepak bola Italia (FIGC), Florence, Italia.