BolaSkor.com - Gagasan UEFA untuk membentuk kompetisi baru antar negara Eropa akhirnya akan dimulai pada pekan ini. Ya, UEFA Nations League akan mulai menggulirkan pertandingan pertamanya antara Kazakhstan vs Georgia pada laga Liga D, Kamis (6/9).

UEFA membentuk UEFA Nations League untuk membuat kualifikasi Piala Europa lebih menarik. Harapannya, UEFA Nations League dapat meningkatkan kualitas para anggota UEFA dan pertandingan yang lebih bergengsi ketimbang hanya bertajuk persahabatan.

UEFA Nations League mulai dibahas pada UEFA Strategy Meeting di Cyprus 2011. Kompetisi tersebut akan melibatkan 55 negara Eropa dan akan dibagi dalam empat divisi liga (A, B, C dan D). Menurut situs resmi UEFA, kali ini, pembagian grup berdasarkan peringkat masing-masing negara hingga kualifikasi Piala Dunia 2018 usai.

Nantinya, setiap divisi liga dibagi menjadi empat grup dan masing-masing grup tersebut dihuni tiga hingga empat tim. Menariknya, akan ada sistem degradasi dan promosi pada setiap liga. Empat tim akan terjun dari Liga A ke B, B ke C dan C ke D. Adapun jenjang yang sama juga berlaku untuk format promosi.

Kapan UEFA Nations League bergulir?

Babak kualifikasi keempat divisi liga akan berlangsung pada September, Oktober, November 2018. Adapun babak Final Four akan dihelat Juni 2019.

Pada babak Final Four akan ada empat tim nasional terbaik dari masing-masing grup di Liga A untuk memperebutkan gelar edisi perdana UEFA Nations League. Nantinya, Final Four akan berlangsung dalam format gugur yakni semifinal dan final.

Makin tertarik, yuk baca lebih lanjut...