Serbia 1-2 Swiss: Gol Telat Shaqiri Panaskan Persaingan Grup E

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 23 Juni 2018
Serbia 1-2 Swiss: Gol Telat Shaqiri Panaskan Persaingan Grup E
Selebrasi Xherdan Shaqiri (fifa.com)

BolaSkor.com - Swiss memetik tiga poin krusial usai mengalahkan Serbia 2-1 pada laga kedua Grup E yang digelar di Kaliningrad, Sabtu (23/6) dini hari WIB. Serbia unggul lebih dulu lewat gol Aleksandar Mitrovic saat laga baru berjalan lima menit. Sedangkan dua gol Swiss dibuat Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri di babak kedua.

Dalam laga kali ini kedua kubu mengandalkan skema yang sama, 4-2-3-1. Serbia memulai laga dengan mencoba menekan pertahanan lawan. Sosok kokoh Aleksandar Mitrovic sebagai penyerang tunggal cukup membuat barisan pertahanan Swiss kewalahan.

Saat duel baru berusia lima menit, Mitrovic sudah mendapatkan peluang usai menerima umpan Sergej Milinkovic-Savic. Namun bola tandukan Mitrovic masih bisa ditepis kiper Swiss, Yann Sommer.

Hanya selang kurang dari satu menit, Swiss kehilangan bola di sisi kiri area pertahanan sendiri, Dusan Tadic langsung melepaskan umpan silang yang langsung disantap Mitrovic lewat sundulannya. Bola pun menghujam ke gawang Swiss tanpa mampu diselamatkan Sommer. Serbia unggul 1-0.

Bagi Mitrovic ini merupakan gol ke-15 dimana dia terlibat langsung dalam 15 penampilan sebagai starter bersama Serbia, 13 gol dan dua assist.

Kebobolan gol cepat, Swiss mencoba bangkit dan melancarkan serangan. Pada menit kesebelas, Swiss mendapat peluang. Namun bola sepakan Blerim Dzemaili masih melenceng.

Setengah jam bermain, Swiss nyaris menyamakan skor. Dzemaili dengan cerdik melepaskan umpan kepada Haris Severovic yang berada di kotak penalti. Namun sepakan first time Severovic bisa dipatahkan kiper Serbia, Vladimir Stojkovic.

Pertarungan semakin terbuka pada 15 menit jelang jeda. Kedua kubu bergantian melancarkan serangan. Namun hingga babak pertama selesai skor tak berubah, 1-0 untuk Serbia.

Sepanjang babak pertama Swiss lebih banyak menguasai bola sebanyak 63 persen. Meski Serbia lebih efektif dalam menyerang ketimbang Swiss. Dari sepuluh usaha, Serbia mampu tiga kali menemui sasaran, satu di antaranya berbuah gol. Sedangkan Swiss cuma sekali menemui sasaran dari sembilan upaya.

Sekitar tujuh menit babak kedua berjalan, Serbia kembali mengancam namun sundulan Mitrovic setelah menerima umpan Tadic masih melambung. Gagal membuat gol, gawang Serbia justru kebobolan sesaat kemudian.

Memanfaatkan bola liar hasil mentahan bola hasil sepakan Xherdan Shaqiri yang diblok, Granit Xhaka melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola meluncur mulus untuk mengoyak jala gawang Serbia. Skor imbang 1-1. Ini merupakan gol sepuluh Xhaka bersama timnas Swiss, lima di antaranya dicetak lewat tembakan dari luar kotak penalti.

Swiss nyaris berbalik unggul lima menit setelah gol Xhaka. Sayang bola sepakan kaki kiri Shaqiri hanya menyentuh tiang.

Pada menit ke-65 Mitrovic terjatuh di dalam kotak penalti setelah 'bergulat' dengan dua bek Swiss, Stephan Lichtsteiner dan Fabian Schar. Namun wasit justru memberikan sepakan bebas kepada Swiss dan memilih tidak memanfaatkan bantuan rekaman video alias VAR.

Lima menit kemudian, Serbia mendapat peluang. Namun Mitrovic gagal menjangkau umpan datar dari Aleksandar Kolarov. Laga berjalan makin sengit, kedua kubu terus silih berganti melancarkan serangan meski selalu mentah di lini pertahanan atau gagal menemui target.

Pada menit ke-90, Swiss akhirnya mampu membalikkan keadaan. Lewat serangan balik cepat, umpan terobosan Zuber mampu melepaskan Shaqiri yang kemudian menaklukkan Stojkovic. Skor 2-1 untuk Swiss bertahan hingga akhir laga.

Dengan hasil ini, Swiss membuka peluang lolos ke 16 besar dengan menempati posisi kedua klasemen sementara Grup E dengan koleksi empat poin di bawah Brasil yang mengumpulkan nilai sama. Sedangkan Serbia di peringkat tiga dengan tiga angka. Dengan situasi ini, belum ada tim dari Grup E yang memastikan tempat di 16 besar.


Susunan Pemain

Serbia (4-2-3-1): Stojkovic; Ivanovic, Milenkovic, Tosic, Kolarov; Matic, Milivojevic (Radonjic 82); Tadic, Milinkovic-Savic, Kostic (Ljajic 64); Mitrovic

Swiss (4-2-3-1): Sommer; Lichtsteiner, Schar, Akanji, Rodriguez; Behrami, Xhaka; Shaqiri, Dzemaili (Embolo 73), Zuber (Drmic 94); Seferovic (Gavranovic 46)

Piala Dunia 2018 Breaking News Serbia Swiss
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan