BolaSkor.com - Sergio Aguero telah genap berusia 32 tahun tepat pada 2 Juni. Pada usia 32 tahun penyerang Manchester City itu telah mengukir sejarah sebagai legenda The Citizens di era sepak bola modern selama sembilan tahun berkarier.

Sergio "Kun" Aguero direkrut Manchester City pada 2011 seharga 35 juta poundsterling dari Atletico Madrid. Striker asal Argentina menjadi rekrutan penting dalam proyek jangka klub di bawah kepemimpinan konsorsium Timur Tengah.

Aguero, David Silva, Vincent Kompany, Yaya Toure, merupakan elemen penting yang menjadi pondasi dasar pembangunan Man City. Kompany dan Yaya Toure telah pergi meninggalkan klub, menyusul Silva di akhir musim ini.

Baca Juga:

Rencana Ambisius Manchester United Bajak Raheem Sterling dari Manchester City

9 Pemain Top yang Pernah Dijual Pep Guardiola

Real Madrid dan Inter Milan Saling Sikut Berebut Sergio Aguero

Akan tapi Aguero masih bertahan di klub dari era Roberto Mancini, Manuel Pellegrini, hingga kini ditangani Pep Guardiola. Aguero adalah saksi sejarah kesuksesan Man City yang meraih empat titel Premier League, satu Piala FA, lima Piala Liga, dan tiga Community Shield.

Selama sembilan tahun membela Man City Aguero telah membangun warisannya sebagai salah satu penyerang top di Premier League, plus status legenda di Etihad Stadium. Dia salah satu top skor sepanjang masa klub.

Termasuk Aguero, berikut keempat top skor sepanjang masa Manchester City lainnya:

1. Sergio Aguero - 254 Gol

Sergio Aguero

254 gol untuk Manchester City, top skor tertinggi dalam sejarah Premier League untuk pemain non-Inggris (180 gol), dan rekor hat-trick terbanyak dengan 12 hat-trick. Sejarah Sergio Aguero di Premier League tidak akan lekang oleh waktu.

Total Aguero memainkan 658 laga profesional dengan akumulasi klub dan timnas dengan catatan total 419 gol. Tidak ada tanda-tanda penurunan performa dari Aguero. Persaingan dengan Gabriel Jesus di City semakin menambah level kompetitifnya.

2. Eric Brook - 177 Gol

Eric Brook

Dari urutan kedua hingga lima tak usah heran apabila membahas Man City jauh di masa lalu, sebab sebelum era Sheikh Mansour tidak banyak sejarah besar City yang berada di bawah bayang-bayang Manchester United.

Eric Brook merupakan top skor kedua sepanjang masa tim dengan 177 gol yang ditorehkannya dari medio 1928-1939. Brook meraih satu titel Piala FA, Divisi Satu, dan Community Shield. Dia hanya membela dua tim dan sebelumnya membela Barnsley (1926-1928).

3. Tommy Johnson - 166 Gol

Tommy Johnson (kanan)

Man City adalah karier profesional pertama Tommy Johnson sebelum bermain di Everton, Liverpool, dan Darwen. Tahun ketika Johnson membela Man City pun sangat lama, yakni pada medio 1919 hingga 1930. Johnson menorehkan 166 gol

4. Colin Bell - 153 Gol

Colin Bell

King of Kippax. Begitulah julukan untuk Colin Bell yang juga mendapatkan gelar kehormatan dari Inggris. Bell membela Man City dari medio 1966 hingga 1979 setelah pindah dari Bury dan pensiun pada 1980 bersama San Jose Earthquakes.

Colin Bell juga memiliki 48 caps dan sembilan gol dengan timnas Inggris. Dalam kariernya Bell memenangi titel Divisi Satu, Divisi Dua, Piala Liga, dua Community Shield, satu Piala Liga, dan Piala Winners' Cup.

5. Joe Hayes - 152 Gol

Joe Hayes

Man City juga menjadi klub profesional pertama Joe Hayes yang diperkuatnya dari 1953 hingga 1965 sebelum ke Barnsley dan Wigan Athletic. Meski hanya memenangi satu titel Piala FA dalam kariernya, Hayes adalah top skor sepanjang masa kelima City dengan catatan 152 gol.