Sergio Romero, Ketika Kiper Kedua Jadi yang Terbaik Sepanjang Sejarah

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 20 Februari 2019
Sergio Romero, Ketika Kiper Kedua Jadi yang Terbaik Sepanjang Sejarah
Sergio Romero (zimbio)

BolaSkor.com - Manchester United sangat beruntung memiliki Sergio Romero sebagai kiper kedua. Sosoknya sangat dibutuhkan bagi tim yang berlaga lebih dari satu kompetisi.

Sebagai kiper pelapis, Romero terbilang mewah. Di klub-klub Eropa lain, dia akan dengan mudah menjadi kiper utama. Namun karena United sudah memiliki David De Gea, Sergio Romero harus rela hanya tampil di laga-laga kompetisi seperti Piala FA atau Piala Liga.

Kualitas Romero tidak diragukan lagi, apapun kompetisi yang dia ikuti. Bahkan, kehadiran Romero membuat De Gea tidak perlu memikirkan laga-laga selain Premier League dan Liga Champions. Ya, di luar itu, De Gea bisa istirahat dengan tenang.

Baca Juga:

3 Pemain Premier League Paling Diremehkan, tetapi Berkontribusi Besar

3 Pemain yang Dapat Menggantikan Martial-Lingard

Sergio Romero - David De Gea

Di ajang Piala FA, bagi Romero clean sheet sudah seperti menjadi nama tengahnya. Catatan tanpa kebobolan terakhir dicatatnya saat Setan Merah membungkam Chelsea 2-0 di Stamford Bridge.

Memang dalam laga melawan Chelsea, Romero hanya menghadapi dua kali sepakan terarah. Yang pertama dari David Luiz dan kedua Gonzalo Higuain. Kedua sepakan itu bisa dipatahkan Romero.

Melihat ke belakang, rapor kiper Argentina berusia 31 tahun ini di Piala FA sangat cemerlang. Dalam 11 penampilan terakhir di Piala FA, hanya dua pemain yang bisa membobol gawang kawalan Romero, Danny Graham dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Gol Graham terjadi pada putaran kelima Piala FA musim 2016-17. Sedangkan Gol Aubameyang datang dua tahun kemudian, pada Januari kemarin saat United menang 3-1 atas Arsenal.

Jika melihat statistik, Romero bahkan menjadi kiper terbaik yang dimiliki United. Total dia sudah menjalani 42 laga dengan membuat 27 clean sheet. Artinya dia mencatat rasio clean sheet 64,2 persen, tertinggi dalam sejarah United.

Kedatangan Ole Gunnar Solskjaer juga dinilai akan makin memantabkan posisi Romero sebagai kiper spesialis "piala". Kondisi ini berbeda dengan sebelumnya.

Sebelum Solskjaer, Romero memang dipercaya tampil di luar Premier League. Namun, dia langsung kembali menjadi kiper kedua saat Setan Merah melaju ke putaran penting. Musim lalu misalnya, Romero tidak tampil pada semifinal dan final Piala FA. Selain itu, Romero dipastikan akan kembali menjadi cadangan jika MU melawan tim tangguh.

Sejak tiba di Manchester United, Solskjaer memiliki kebijakan untuk mempertahankan Romero sebagai kiper spesialis piala, siapapun lawan yang akan dihadapi.

Bukan mustahil, Romero kali ini akan mendapat kesempatan untuk mengangkat trofi dengan status sebagai kiper pertama. Sekaligus mengukuhkan diri sebagai kiper kedua terbaik di dunia.

Manchester United Piala FA Sergio Romero
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan