Serie A Ingin Hadirkan Suporter di Stadion Sebelum Musim Ini Berakhir

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 14 Juli 2020
Serie A Ingin Hadirkan Suporter di Stadion Sebelum Musim Ini Berakhir
Serie A (Twitter)

BolaSkor.com - Operator Serie A mulai menyusun rencana kembali membuka stadion untuk penonton. Mereka berharap hal itu bisa dilakukan sebelum musim 2019-2020 berakhir.

Setelah sempat tertunda karena pandemi virus corona, Serie A kembali bergulir mulai 20 Juni silam. Namun semua pertandingan harus digelar secara tertutup.

Hal itu merupakan bagian dari protokol kesehatan yang disepakati operator Serie A dan pemerintah Italia. Tujuannya tentu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Baca Juga:

Perjanjian Tak Tertulis Barcelona dan Inter Milan soal Lautaro Martinez

Salah Besar Anggap Inter Milan Bergantung pada Romelu Lukaku

Tak Lagi Terseok-seok, Atalanta Punya 5 Faktor yang Membuat Bangkit

Kurang dari sebulan sejak bergulir kembali, operator Serie A berharap penonton bisa segera hadir di stadion lagi. Kondisi yang semakin membaik menjadi salah satu pertimbangannya.

Kurva penyebaran virus corona di Italia memang telah melandai. Per Selasa (14/7), kasus positif di Negeri Pizza itu hanya tinggal 13.157 buah.

Jumlah tersebut tentu sangat kecil jika dibandingkan dua bulan lalu yang mencapai ratusan ribu. Saat itu Italia bahkan menjadi negara dengan kasus positif virus corona terbanyak di Eropa.

Saat ini, operator Serie A sedang membuat proposal yang mengatur berbagai protokol kehadiran penonton di stadion. Mereka memang harus mendapat izin dari pemerintah Italia dan FIGC untuk menjalankan rencana tersebut.

"Kebutuhan untuk membuka kembali sebagian stadion ke publik sesegera mungkin, dengan mematuhi penuh langkah-langkah keselamatan, kembali ditegaskan," bunyi pernyataan operator Serie A dilansir Football Italia.

"Dalam hal ini, protokol terperinci sedang difinalisasi dan akan dikirim ke Presiden FIGC, Gabriele Gravina sehingga dapat digunakan untuk berdiskusi dengan lembaga pemerintah yang sesuai."

"Lega Serie A berharap setiap klub diberikan kemungkinan membuka kembali stadionnya ke sejumlah penggemar, yang sudah ada di beberapa putaran terakhir musim ini," tutup pernyataan tersebut.

Keinginan operator Serie A tersebut sangat mungkin terwujud. Mereka bisa berkaca dari Prancis yang mengizinkan kehadiran penonton pada laga uji coba Paris Saint-Germain kontra Le Havre meski dalam jumlah terbatas.

Serie a Virus Corona FIGC Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan