BolaSkor.com - Kompetisi Serie A musim 2019-2020 yang tengah ditunda selama dua pekan kini terancam dibatalkan atau berhenti total. Hal itu tak terlepas dari kian mengganasnya wabah virus corona (Covid-19) yang menyerang Italia.

Seperti diketahui, Italia kini menjadi negara dengan kasus virus corona terbanyak kedua di dunia setelah China dengan lebih dari 60 ribu kasus. Lebih dari enam ribu nyawa warga Italia telah meninggal dunia karena terjangkit virus ini.

Permasalahan ini membuat opsi pembatalan kompetisi Serie A musim ini diapungkan. Tentu tak ideal memaksakan kompetisi dilanjutkan dengan situasi seperti ini.

Baca Juga:

Alasan 30 Juni Jadi Waktu Ideal Akhir Musim 2019-20

Serie A Diharapkan Bisa Lanjut 2 Mei

Pandemi Virus Corona, Bundesliga Mundurkan Waktu Penundaan hingga 30 April 2020

Ilustrasi laga tanpa penonton di Serie A sebelum laga ditunda karena virus corona.

Dilansir Calciomercato, pembatalan kompetisi akan membuat klub-klub peserta Serie A terancam menelan kerugian sebesar 700 juta Euro atau setara dengan Rp12,6 triliun. Jumlah tersebut merupakan perkiraan akumulasi pendapatan 20 klub dari kontrak hak siar Televisi, pendapatan tiket pertandingan, dan penjualan merchandise.

Jika tidak mampu diantisipasi, bukan tidak mungkin banyak klub akan mengalami masalah finansial bahkan terancam bangkrut. Apalagi sebagian besar klub-klub di Italia mengalami krisis keuangan dalam beberapa tahun terakhir.

Lega Serie A selaku operator kompetisi sadar akan ancaman itu. Badan yang dipimpin oleh Paolo Dal Pino kabarnya akan meminta bantuan pemerintah Italia untuk mengantisipasi hal tersebut.

Lega Serie A tengah menyusun dokumen terkait permintaan kepada pemerintah Italia untuk menyelamatkan klub-klub dari kebangkrutan. Mereka rumornya berharap pemerintah mau untuk mengizinkan kembali perusahaan judi menjadi sponsor klub dan mempermudah izin untuk membangun atau merenovasi stadion.

Tuntutan tersebut akan dikirim terlebih dahulu ke Presiden federasi sepakbola Italia (FIGC), Gabriele Gravina. Setelah itu baru dilanjutkan ke pihak pemerintah dalam hal ini Menteri Olahraga, Vincenzo Spadafora.

Sayangnya, hubungan Lega Serie A dengan pemerintah Italia sedang tidak baik. Kedua pihak sempat berkonflik pada awal Maret lalu yang membuat beberapa laga digelar tanpa penonton sebelum akhirnya ditunda sampai saat ini.

Penulis: Taufik Hidayat