BolaSkor.com - Manchester United mendapatkan julukan baru yaitu 'VARchester United' karena kembali diuntungkan dengan adanya teknologi Video Asisten Wasit (VAR). Terakhir, Man United diuntungkan saat bermain imbang 1-1 kontra Everton dalam lanjutan laga Premier League, Minggu (01/03) WIB.

Pada pertandingan yang berlangsung di Goodison Park, VAR menganulir gol Dominic Calvert-Lewin di menit akhir pertandingan setelah mengenai kaki bek Man United Harry Maguire dan ada Gylfi Sigurdsson yang menghindari bola ketika berada dalam posisi offside.

Namun, bukan kali ini saja Manchester United diuntungkan dengan adanya VAR. Dikutip dari data ESPN, sejak awal musim Premier League bergulir, VAR tercatat telah delapan kali berpihak untuk tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu dan satu kali merugikan.

Baca Juga:

Menilik Gol Calvert-Lewin ke Gawang Manchester United yang Dianulir VAR

Hasil Survei: Penggunaan VAR di Premier League Harus Ditinjau Kembali

Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Akan Gunakan VAR

Momen ketika terakhir VAR menguntungkan Man United saat melawan Everton

Selain The Red Devils beberapa tim lain juga pernah terkena dampak dari teknologi tersebut, ada yang menguntungkan namun ada juga yang dirugikan oleh VAR. Brighton menjadi tim yang cukup sering diuntungkan VAR yaitu sebanyak tujuh kali.

Manchester City, Tottenham Hotspur, Liverpool, Arsenal, Chelsea merupakan klub yang lebih banyak diuntungkan teknologi anyar itu pada saat pertandingan. Tidak seberuntung tim di atas beberapa tim lain justru mendapatkan kerugian karena VAR seperti Leicester City, Crystal Palace, Watford dan Burnley.

Penggunaan VAR untuk kali pertama dalam sejarah sepak bola Inggris musim ini memang memicu kontroversi di beberapa aspek, termasuk di antaranya aturan offside dengan jarak yang sangat tipis pada bagian ketek atau jempol kaki.

Penulis: Riyan Rizky