Setahun Pemecatan Unai Emery, Arsenal 'Jalan di Tempat'

Arief HadiArief Hadi - Senin, 30 November 2020
Setahun Pemecatan Unai Emery, Arsenal 'Jalan di Tempat'
Unai Emery (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal menelan kekalahan di pekan 10 Premier League kontra Wolverhampton Wanderers di Emirates Stadium, Senin (30/11) dini hari WIB. The Gunners kalah 1-2 dari gol yang dicetak Pedro Neto (27') dan Daniel Podence (42').

Arsenal berada di titik nadir dengan kekalahan tersebut. Sebab sebelumnya mereka kalah 0-3 dari Aston Villa dan imbang tanpa gol kontra Leeds United. Posisi mereka kini di urutan 14 klasemen dengan raihan 13 poin, terpaut delapan poin dari Burnley di zona degradasi.

Rumor pemecatan Mikel Arteta langsung muncul di media sosial dan pemberitaan media lainnya. Namun Arteta tak memikirkannya karena tahu konsekuensi pekerjaan sebagai manajer klub.

Baca Juga:

Arsenal Terhuyung, Mikel Arteta Ungkap Penyebabnya

Arsenal Kalah Lagi, Ancaman Pemecatan Mulai Hantui Arteta

Arteta Minta Waktu Beberapa Bursa Transfer untuk Bangun Tim

Mikel Arteta

"Itu (rumor pemecatan) adalah sesuatu yang pada hari saya memutuskan untuk menjadi pelatih, saya tahu suatu hari saya akan dipecat atau meninggalkan klub sepak bola, tetapi saya tidak tahu kapan itu akan terjadi," ucap Arteta dikutip dari BBC Sport.

"Dalam profesi ini, saya tahu itu akan terjadi tetapi saya tidak pernah khawatir. Satu-satunya perhatian saya adalah mendapatkan yang terbaik dari para pemain dan memberikan layanan terbaik untuk klub."

Ironisnya posisi klasemen dan perolehan poin itu diraih Arsenal setahun setelah klub memecat Unai Emery, eks manajer yang menggantikan Arsene Wenger pada 2018. Fakta memperlihatkan Arsenal 'jalan di tempat'.

Dikutip dari Statman Dave ketika Emery dipecat 29 November 2019 Arsenal punya persentase menang 49 persen di Premier League. Sejak saat itu Arsenal memenangi 40 persen dari laga total Premier League dan 43 persen di antaranya bersama Arteta.

Sebelum laga melawan Wolves Arteta mengoleksi 46 poin total dari 29 laga memimpin Arsenal. Catatan itu jadi yang terendah di bawah eks manajer lainnya dari Unai Emery (57 poin), Arsene Wenger (48 poin), dan Bruce Rioch (48 poin).

Uniknya saat ini Emery bersama tim barunya Villarreal duduk di urutan tiga klasemen dengan raihan 20 poin dari 11 laga LaLiga. Villarreal di bawah Real Sociedad (24 poin) dan Atletico Madrid (23 poin dan baru bermain sembilan kali).

Nilai plus yang dimiliki Arteta saat ini selain eks pemain (dan kapten) Arsenal, manajer asal Spanyol juga mempersembahkan titel Piala FA dan Community Shield sejauh ini.

Breaking News Arsenal Mikel Arteta Unai Emery
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan