Setelah Haaland, Giliran Mbappe Ukir Rekor di Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 11 Maret 2021
Setelah Haaland, Giliran Mbappe Ukir Rekor di Liga Champions
Kylian Mbappe (Twitter)

BolaSkor.com - Pemain-pemain muda berbakat di generasi baru mulai memperlihatkan kualitas yang mereka miliki di Eropa. Kehadiran mereka seolah menjadi penanda bahwa mereka siap menggantikan bintang-bintang dari generasi sebelumnya.

Hal itu tercermin di 16 besar Liga Champions 2020-2021. Juventus dan Barcelona tersingkir bersama dua megabintang yang mendominasi Eropa selama sedekade lebih, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Juventus disingkirkan oleh Porto dengan agregat gol 4-4 (kalah agresivitas gol tandang), sementara Barcelona kalah dari PSG (Paris Saint-Germain) dengan agregat gol 2-5.

Tanda-tanda akhir era itu bisa dilihat dengan fakta Ronaldo (36 tahun) dan Messi (33 tahun) absen bersamaan untuk kali pertama di perempat final Liga Champions setelah 16 tahun lamanya. Terakhir keduanya absen pada musim 2004-2005.

Baca Juga:

Sensasi Terbaru Haaland: Bikin Rekor dan Selebrasi Kontroversial

Haaland-Mbappe, Penerus Tongkat Estafet dari Ronaldo-Messi

PSG 1-1 Barcelona: Akhir Perjalanan Blaugrana di Liga Champions

Erling Haaland

Di kala mereka absen bintang-bintang muda dengan potensi jadi rival untuk generasi baru bermunculan. Mereka adalah penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland dan striker PSG Kylian Mbappe.

Haaland (20 tahun) sudah mengukir rekor kala Dortmund menyingkirkan Sevilla di 16 besar. Dua golnya di leg dua memastikan pemain asal Norwegia itu sebagai pemain termuda dalam sejarah yang mencetak 20 gol di Liga Champions.

Haaland pada usia itu memainkan 147 laga, menorehkan 102 gol, 20 gol di Liga Champions dari 14 pertandingan. Jumlah laga di Liga Champions itu sudah lebih sedikit dari nama-nama legendaris seperti Zlatan Ibrahimovic (71 laga), Ronaldo (56 laga), Messi (40 laga), Neymar (38 laga), dan Robert Lewandowski (36 laga).

Kylian Mbappe

Sehari setelah Haaland mengukir rekor Mbappe juga melakukan hal yang sama. Penyerang asal Prancis berusia 22 tahun mencetak satu gol kala PSG imbang 1-1 melawan Barcelona di leg dua 16 besar Liga Champions.

Golnya itu menurut Opta menjadikan Mbappe sebagai pemain termuda dalam sejarah Liga Champions yang mencapai 25 gol, memecahkan rekor Lionel Messi. Mbappe berusia 22 tahun 80 hari dan Messi 22 tahun 286 hari.

Rekor lainnya adalah Mbappe telah mencetak empat gol ke gawang Barcelona, menjadikannya pemain pertama yang mencetak gol sebanyak itu pada satu musim melawan Barcelona.

Mbappe sudah terlebih dahulu mempopulerkan namanya di Eropa sejak bermain untuk Monaco pada 2015-2018. Klimaksnya terjadi kala menjuarai Piala Dunia 2018 dengan timnas Prancis.

Tak diragukan lagi persaingan Mbappe dengan Haaland berpotensi jadi pemimpin generasi baru yang akan menggantikan Ronaldo dan Messi.

Breaking News Liga Champions Kylian Mbappe Erling Haaland PSG Dortmund Borussia Dortmund
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan