Setelah Penuh Perjuangan, Dua Atlet Afghanistan Akhirnya Tampil di Paralimpiade

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 29 Agustus 2021
Setelah Penuh Perjuangan, Dua Atlet Afghanistan Akhirnya Tampil di Paralimpiade

BolaSkor.com - Setelah melalui perjuangan berat, dua atlet Paralimpiade asal Afganistan, Zakia Khudadadi dan Hossain Rasouli mampu merealisasikan mimpinya. Kedua atlet tersebut akhirnya dapat tampil dalam Paralimpiade Tokyo 2022.

Sebelumnya Khudadadi dan Rasouli dikabarkan harus mundur dari ajang Paralimpiade Tokyo 2022. Situasi berbahaya akibat kelompok Taliban membuat Khudadadi dan Rasouli tidak dapat berangkat ke Tokyo.

Namun, berkat dukungan dari beberapa orang, organisasi olahraga dunia dan hak asasi manusia, serta pemerintah Afganistan, Khudadadi dan Rasouli berhasil dievakuasi dari Kabul ke Prancis.

Khudadadi dan Rasouli telah tiba di Jepang pada Sabtu (28/8). Kedua atlet ini juga telah dinyatakan negatif usai menjalani tes Covid-19 yang dilakukan sebelum keberangkatan dan sesudah tiba di Jepang.

Baca Juga:

Ditabrak Mobil Otomatis, Pejudo Jepang Terpaksa Mundur dari Paralimpiade

Kurangi Aspek Kekerasan, PUBG Mobile Tanpa Darah di PON 2020

“Saya sangat percaya bahwa melalui pergerakan Paralimpiade dan pertandingan Paralimpiade, kita dapat mengantarkan pesan positif bahwa kedamaian dan juga keharmonisan merupakan hal terbaik bagi kemanusiaan,” tutur Arian Sadiqiselaku Chef de Mission Afganistan dikutip dari paralympic.org.

“Kita harus merayakan bahwa pada dasarnya kita memiliki lebih banyak persamaan dari pada perbedaan yang selama ini memisahkan kita. Kita harus menjaga dan mendukung kedamaian karena perasaan negatif dan pertengkaran hanya akan menghancurkan kemanusiaan,” sambungnya.

Dikabarkan setibanya di kampung atlet pada sore hari, Khudadadi dan Rasouli langsung disambut oleh Presiden Komite Paralimpiade Internasional (IPC), Andrew Parsons dan Ketua Komite Atlet IPC, Chelsey Gotell.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Paralimpiade
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan