Sevilla, Raja Liga Europa yang Kehilangan Wibawa di Liga Champions

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 10 Maret 2021
Sevilla, Raja Liga Europa yang Kehilangan Wibawa di Liga Champions
Sevilla (Twitter)

BolaSkor.com - Tren buruk Sevilla di Liga Champions kembali berlanjut. Perjalanan Los Nervionenses pada musim ini harus terhenti di babak 16 besar.

Sevilla tak kuasa melewati adangan Borussia Dortmund. Wakil Spanyol itu kalah 5-4 secara agregat.

Kegagalan ini tak lepas dari kesalahan Sevilla saat bertindak sebagai tuan rumah pada pertemuan pertama. Alih-alih meraih kemenangan, mereka justru takluk dengan skor 2-3.

Hasil tersebut membuat tugas mereka cukup berat saat gantian bertamu ke markas Dortmund di Signal Iduna Park, Rabu (10/3) dini hari WIB. Tampil lebih baik, Sevilla hanya mampu bermain imbang 2-2.

Baca Juga:

Perubahan dan Dampak Format Baru Liga Champions

5 Kuda Hitam yang Pernah Singkirkan Juventus dari Liga Champions

5 Comeback Terbaik dalam Sejarah Liga Champions

Borussia Dortmund vs Sevilla

Hasil ini menambah daftar panjang rekor buruk Sevilla saat berlaga di Liga Champions. Dari enam kali berpartisipasi, hanya satu kali klub asal Andalusia itu mampu melewati babak 16 besar.

Prestasi terbaik Sevilla di Liga Champions hanya mampu menyentuh babak perempat final. Hal itu terjadi pada musim 2017-2018 sebelum disingkirkan Bayern Munchen.

Sementara prestasi terburuk Sevilla diukir pada musim 2015-2016. Mereka saat itu gagal lolos dari fase grup dan terlempar ke Liga Europa.

Hebatnya, Sevilla mampu merebut gelar juara Liga Europa di akhir musim tersebut. Tim yang ketika itu ditangani Unai Emery mampu mengalahkan Liverpool di partai final.

Sevilla memang punya jalan nasib yang bertolak belakang kala berlaga di Liga Europa. Mereka bahkan berstatus sebagai salah satu raja di kompetisi kasa kedua antarklub elite Eropa tersebut.

Sevilla juara Liga Europa musim lalu

Tim-tim besar seperti Manchester United, Inter Milan, hingga Liverpool bukan tandingan Sevilla di Liga Europa. Ketiganya pernah dibuat bertekuk lutut.

Sevilla sudah enam kali merebut gelar Liga Europa atau dulu bernama Piala UEFA. Tiga di antaranya bahkan diraih secara beruntun pada 2014 hingga 2016.

Sevilla juga punya rekor mentereng kala berlaga di final. Mereka belum pernah merasakan kekalahan di partai puncak.

Tentu aneh melihat bertolak belakangnya nasib Sevilla kala berlaga di Liga Champions dan Liga Europa. Hal ini bisa menjadi pertanda jauhnya perbedaan level kedua kompetisi tersebut.

Sevilla Liga Champions Liga Europa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan