Shakhtar Donetsk 0-3 Manchester City, The Citizens Akhiri Rapor Buruk Klub Inggris

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 24 Oktober 2018
Shakhtar Donetsk 0-3 Manchester City, The Citizens Akhiri Rapor Buruk Klub Inggris
David Silva (Zimbio)

BolaSkor.com - Manchester City pulang membawa kemenangan 3-0 saat tandang ke markas Shakhtar Donetsk di Oblasny SportKomplex Metalist, Kharkiv, Rabu (24/10) dini hari WIB.

Pada laga Liga Champions Grup F ini Manchester City unggul berkat gol yang diciptakan David Silva di menit 30, Aymeric Laporte (35), dan Bernardo Silva (70).

Tampil sebagai tamu, Manchester City yang tahun lalu takluk 1-2 oleh Shakhtar Donetsk tampil agresif dengan mengusung skema 3-4-3. Kali ini manajer City, Pep Guardiola memilih memainkan tiga bek sejajar di bawah komando John Stones.

Sedangkan Shakhtar Donetsk yang diasuh Paulo Fonseca memainkan pola 4-2-3-1 yang sudah menjadi ciri khas mereka.

Dengan catatan tidak terkalahkan dalam 11 laga terakhir, termasuk di dua laga pertama Liga Champions, tuan rumah tampil percaya diri. Namun hal itu tidak menahan The Citizens tampil seperti biasa dengan mencoba menguasai permainan sejak awal.

Bahkan Man City sudah menghadirkan ancaman saat laga baru berjalan empat menit. Namun sepakan David Silva masih terlalu tinggi. Selepas itu, City tampak kesulitan membuat peluang.

Baru pada menit ke-26 City nyaris membuka skor. Sayang bola sepakan Silva masih mengenai mistar, sedangkan bola pantulan gagal dimanfaatkan Gabriel Jesus.

Setengah jam bermain, tim tamu akhirnya mampu membongkat kebuntuan. Umpan Benjamin Mendy yang disambut Jesus masih bisa dimentahkan, namun bola mentahan kemudian mampu dimaksimalkan David Silva. City unggul 1-0.

Pada menit ke-35 atau hanya berselang lima menit, gawang tuan rumah yang dikawal Andriy Pyatov kembali bobol. Kali ini gol City datang lewat tandukan Aymeric Laporte meneruskan umpan Kevin De Bruyne. Skor 2-0 untuk Manchester City bertahan hingga rehat.

Di paruh kedua, Manchester City melanjutkan dominasi mereka. Berulang kali pasukan Guardiola menghadirkan ancaman di jantung pertahanan Shakhtar.

Pada menit ke-69, Guardiola menarik keluar Kevin de Bruyne dan memasukkan Bernardo Silva. Keputusan Guardiola terbukti jitu karena hanya selang semenit Bernardo Silva berhasil menambah keunggulan City. Pemain asal Portugal itu mencetak gol ketiga City lewat serangan balik apik.

Hingga laga usai, skor 3-0 bagi Manchester City tidak berubah. Hasil ini membuat Manchester City menjadi klub asal Inggris pertama yang mampu memetik kemenangan di markas Shakhtar Donetsk pada kompetisi Eropa.

Manchester City kini duduk di pucuk klasemen Grup F Liga Champions dengan enam poin. Sedangkan Shakhtar terpuruk ke dasar klasemen dengan raihan dua poin.

Susunan Pemain

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Andriy Pyatov; Mykola Matvyenko, Sergey Krivtsov, Yaroslav Rakitskiy, Ismaily; Maycon, Taras Stepanenko; Wellington Nem (Sergiy Bolbat 69), Viktor Kovalenko (Alan Patrick 62), Fernando (Dentinho 84); Moraes.


Manchester City (3-4-3): Ederson; John Stones (Kyle Walker 80), Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte; Fernandinho, Kevin De Bruyne (Bernardo Silva 69), David Silva, Benjamin Mendy; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus (Phil Foden 88), Raheem Sterling.

Liga Champions Breaking News Manchester City
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan