BolaSkor.com - Shayne Elian Jay Pattynama sudah tidak sabar untuk melakoni debut di Timnas Indonesia. Pemain Viking FK itu berpeluang masuk Skuat Garuda dalam FIFA Matchday terdekat pada 20-28 Maret 2023.

Shayne merampungkan proses naturalisasinya pada Selasa (24/1) sore. Dia diambil sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Dalam menjalani pengambilan sumpah itu Shayne ditemani oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Utusan PSSI Hamdan Hamedan juga turut mendampingi.

"Saya tidak sabar bermain untuk Timnas Indonesia," kata Shayne Pattynama.

Shayne mengaku sudah sangat menantikan momen mengenakan seragam tim Merah-Putih dengan didukung oleh puluhan ribu suporter.

Baca Juga:

Bantu Proses Naturalisasi Sampai Akhir, Mochamad Iriawan Dianggap Ayah oleh Shayne Pattynama

Target Shayne Pattynama di Timnas Indonesia, Rebut Posisi Pratama Arhan sampai Main di Piala Dunia

Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama Yakin Mendiang Sang Ayah Bangga

Dia pun menceritakan sambutan hangat dari para pendukung Timnas Indonesia yang selalu mengirimkan pesan kepadanya di Instagram.

"Tentu sebenarnya ini adalah kehormatan bagi saya. Suporter Indonesia itu sebenarnya sangat mendukung saya, bahkan beberapa ada yang suka DM (direct message) saya, mereka bertanya kapan saya jadi WNI. Oleh karena itu saya lihat suporter itu sebagai aset energi buat saya dan dukungan yang positif (meski dikritik)."

"Jadi saya akan ubah itu (kritikan) sebagai energi yang positif dan motivasi bagi saya," tutur Shayne Pattynama.

Shayne Pattynama menjadi pemain keempat yang dinaturalisasi PSSI kepengurusan Mochamad Iriawan setelah Marc Klok, Jordi Amat, dan Sandy Walsh. Namun, di Piala AFF 2022, baru Klok dan Jordi yang sudah bisa bermain karena Sandy tidak mendapatkan izin dari klubnya, KV Mechelen.