Shin Tae-yong Akui Penampilan Timnas di Babak Kedua Membaik Berkat Pergantian Pemain

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 28 Januari 2022
Shin Tae-yong Akui Penampilan Timnas di Babak Kedua Membaik Berkat Pergantian Pemain
Selebrasi Pratama Arhan usai bobol gawang Timor Leste. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia nyaris dipermalukan Timor Leste dalam laga uji coba internasional bertajuk FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1) malam WIB. Sebab, tim Merah-Putih sempat tertinggal 0-1 di babak pertama sebelum mengakhiri laga dengan kemenangan 4-1.

Salah satu kunci kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste adalah pergantian pemain yang tepat di babak kedua. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memasukkan tiga pemain sekaligus di awal 45 menit kedua, yaitu Ronaldo Kwateh, Pratama Arhan, dan Hanis Saghara.

Masuknya tiga pemain tersebut yang kemudian disusul Marselino Ferdinan pada menit 66 membuat Timnas Indonesia tampil lebih baik. Pratama Arhan bahkan berkontribusi atas tiga dari empat gol Timnas Indonesia di babak kedua.

Pemain berumur 20 tahun itu mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-72. Lalu lemparan ke dalamnya justru ditinju kiper Timor Leste, Junildo Pereira untuk menjadi gol bunuh diri pada menit ke-77. Dua menit berselang, umpan Pratama Arhan malah disundul kapten Timor Leste, Filomeno Junior da Costa, ke gawangnya sendiri.

Baca Juga:

Ungkapan Pratama Arhan yang Berkontribusi atas Tiga Gol Timnas ke Timor Leste

Piala Asia Wanita: Dibungkam Filipina, Timnas Putri Jadi Juru Kunci Grup B

Ronaldo Kwateh juga tidak kalah gemilang. Ia memberikan satu assist kepada Ricky Kambuaya, sang pencetak gol penyama kedudukan di menit 65.

"Setelah para pemain ini masuk, performa tim kami lebih baik. Jadi saya sangat merasakan bahwa pemain di sini harus merasa 'lapar' dan 'haus' saat bertanding," kata Shin Tae-yong.

Meski demikian, Shin Tae-yong enggan mengungkapkan rencananya untuk pertandingan kedua melawan Timor Leste pada Minggu (30/1) malam WIB. Ia belum bisa memastikan apakah akan menurunkan susunan pemain yang sama atau berbeda.

"Saya perlu waktu untuk mempertimbangkannya," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Timor Leste pada Minggu (30/1) malam WIB di tempat yang sama, yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Timnas timor leste Timnas Indonesia Timor leste Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.257

Bagikan