BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong enggan muluk dengan ambisi di Piala AFF 2020 yang akan digelar mulai awal Desember 2021. Hasratnya setidaknya membawa skuat Garuda sampai semifinal.

Hal ini disampaikan usai mengantarkan Timnas Indonesia melangkah ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Indonesia melaju setelah mengalahkan Taiwan dengan agregat 5-1.

Pada leg pertama, Evan Dimas dkk. menang dengan skor 2-1. Dua gol dicetak Ramai Rumakiek (17') dan Evan Dimas (50').

Baca Juga:

Timnas Dua Kali Menang, Shin Tae-yong Ungkap Perasaan kepada Media Korsel

Timnas Indonesia Diminta Ikuti Jejak Timnas Putri ke Piala Asia

Sedangkan di leg kedua, Garuda menggilas Taiwan 3-0 melalui gol yang dicetak Egy Maulana Vikri (27'), Ricky Kambuaya (55'), dan Witan Sulaeman (90+3').

Shin Tae-yong selanjutnya fokus mempersiapkan tim sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang akan digelar di Tajikistan. Setelah itu, ia memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF, yang disebut media Korea Selatan sebagai Piala Dunianya Asia Tenggara.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Sedangkan Grup A diisi Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura, dan Brunei atau Timor Leste.

"Jika itu keinginan saya, itu mencapai semifinal di Piala AFF. Memang berat, tapi kemenangan adalah obat mujarabnya," jelas Shin Tae-yong.

Sementara itu, Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers usai mengalahkan Taiwan 3-0 berharap para pemain memaksimalkan laga Liga 1 2021/2022 untuk meningkatkan performa.

"Mungkin pemain sudah paham sepak bola saya seperti apa. Kalau performa sudah meningkat, secara taktik akan ditingkatkan lagi dan akan menjadi tim yang lebih baik dari sekarang," jelas Shin Tae-yong.