BolaSkor.com - Timnas Indonesia telah satu pekan menjalani pemusatan latihan atau TC di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. Kondisi Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan pun dilaporkan semakin membaik.

Pada pekan pertama TC yang dimulai sejak Senin (28/11), pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menggeber anak asuhnya dengan latihan fisik. Para pemain kerap berlatih dua kali dalam satu hari. Pagi hari berlatih di pusat kebugaran, lalu sorenya ke lapangan.

"Memang latihan seminggu ini intensitasnya sangat tinggi dan program latihan timnas juga berjalan lancar. Para pemain mengikuti latihan dengan baik walaupun intensitasnya tinggi," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Saddil Ramdani Ungkap Modal Timnas Indonesia Hadapi Piala AFF 2022

Jordi Amat Tidak Sabar Main untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Shin Tae-yong menjelaskan, pada pekan pertama TC, dirinya memang fokus ke latihan penguatan otot dan fisik pemain. Ini disebabkan mayoritas pemain Timnas Indonesia dalam kondisi tidak sedang berkompetisi akibat Liga 1 dihentikan selama dua bulan sejak 2 Oktober 2022 akibat Tragedi Kanjuruhan.

"Memang dengan Liga 1 berhenti fisik semua anjlok. Karena itu latihan sekarang (polanya) pagi latihan di gym, sore latihan lari. Jadi sedikit demi sedikit (kondisi pemain) semakin membaik," tutur Shin Tae-yong.

Memasuki pekan kedua TC, Shin Tae-yong menyebut program latihannya tidak akan jauh berbeda. Penguatan otot dan peningkatan fisik pemain tetap jadi fokus utama.

"Jadi saya memang sedang berusaha untuk membuat penguatan dasar karena dengan kompetisi berhenti jadi semua pemain hampir sama (kondisinya)," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

TC di Bali ini digelar sebagai persiapan Timnas Indonesia sebelum mentas di Piala AFF 2022. Turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara itu digelar mulai 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.