Shin Tae-yong Curhat soal Pemain Keturunan untuk Timnas

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 09 Januari 2022
Shin Tae-yong Curhat soal Pemain Keturunan untuk Timnas
Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan Skuat Garuda bisa saja dihuni pemain keturunan Indonesia dan naturalisasi. Namun, ia tak mau melakukan hal tersebut, mengingat raykat Indonesia pasti ingin Timnas Indonesia dihuni pemain asli Tanah Air.

"Saya bisa membuat satu tim dengan pemain bagus bersama pemain berdarah campuran. Saya juga berpikir orang Indonesia pasti berharap bisa meraih prestasi bagus dengan pemain yang ada di Indonesia," ujar Shin Tae-yong , dalam wawancaranya dengan Myeongjangdeul yang diterjemahkan channel YouTube BAL.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Harus Ikuti Budaya di Tanah Air Selama Latih Timnas

Shin Tae-yong Jelaskan Proses Mengubah Sistem Sepak Bola Indonesia

Saat ini, Shin Tae-yong menginginkan empat pemain keturunan Indonesia untuk bisa memperkuat Skuat Garuda. Keempat pemain itu adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen.

Dua nama terdepan sudah melengkapi dokumen untuk pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Sedangkan Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen sedang dalam proses.

Shin Tae-yong mengatakan, tidak mudah mengajak para pemain keturunan untuk membela Timnas Indonesia. Apalagi, status mereka merupakan pemain yang berkarier di Eropa.

"Sebenarnya saya sangat ingin melakukannya (naturalisasi), tapi (sulit karena) masalah prosedur. Indonesia dijajah Belanda hampir 400 tahun. Banyak yang berdarah campuran Belanda. Banyak pemain bagus berkebangsaan Belanda," ujar Shin Tae-yong.

"Masalahnya kalau pemain campuran Belanda atau Eropa 'dinaturalisasi', mereka akan jadi pemain asing. Mereka juga tidak begitu saja mau menjadi Warga Negara Indonesia. Karena mereka (klub) tadinya punya pemain asli negara tersebut, tapi tiba-tiba jadi pemain asing," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan