Shin Tae-yong Dipuji Legenda Timnas Indonesia, Disebut Bawa Perubahan Positif

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 17 Desember 2021
Shin Tae-yong Dipuji Legenda Timnas Indonesia, Disebut Bawa Perubahan Positif
Shin Tae-yong saat memberikan instruksi kepada para pemain Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Kinerja Shin Tae-yong sejauh ini bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 mendapat pujian. Pujian datang dari legenda Timnas Indonesia, Dede Sulaiman.

Dede menilai Shin Tae-yong berhasil membawa perubahan cukup signifikan. Terutama soal kedisiplinan para pemain Timnas Indonesia.

Dede yang nyaris mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 1986 itu mengaku salut dengan ketegasan Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan tersebut tidak ragu untuk mencoret pemainnya apalagi melakukan tindakan indisipliner.

"STY (Shin Tae-yong) dia punya kelebihan pengalaman dia saat menangani di Piala Dunia, sekarang ini kedisiplinan dia yang harus kita betul-betul hargai," kata Dede Sulaiman kepada awak media termasuk BolaSkor.com.

"Pemain yang bagus pun kalau tidak disiplin sama dia dicoret. Selain itu, anak-anak juga apa yang diinstruksikan pelatihnya dia ikut seperti itu. Jadi pola yang diinginkan STY berjalan dengan baik," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Egy Maulana Vikri Terancam Tak Bisa Main di Piala AFF 2020

Gelandang Timnas Indonesia Tak Mau Main Aman Lawan Malaysia

Dede menilai di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia punya potensi untuk menorehkan prestasi. Ia berharap turnamen Piala AFF 2020 bisa jadi momen pembuktian bagi Shin Tae-yong.

"AFF ini kita sering masuk final, tapi tidak pernah juara. Mudah-mudahan tahun ini dengan dilatih STY kita bisa memperoleh prestasi terbaik," tutur Dede Sulaiman.

Untuk mencapai target tersebut, Dede menilai Shin Tae-yong perlu terus memperbaiki kekurangan yang terlihat di tiga laga yang sudah dijalani melawan Kamboja, Laos, dan Vietnam. Salah satu hal yang disorot Dede adalah soal masih seringnya Evan Dimas Darmono dkk. melakukan kesalahan operan atau passing.

"Kekurangan yang mendasar masih adanya passing-passing yang belum akurat. Itu pertama. Kedua, mainnya masih terburu-buru. Contohnya apabila di depan gawang untuk penyelesaian akhir," ungkap Dede.

Timnas Indonesia saat ini menempati puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 dengan 7 poin, unggul selisih gol dari Vietnam. Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang saat menghadapi Malaysia pada laga pamungkas Grup B untuk memastikan satu tiket ke babak semifinal.

Laga Indonesia kontra Malaysia rencananya digelar pada Minggu (19/12) malam WIB. Pertandingan bertajuk Derby Nusantara itu bakal dilangsungkan di National Stadium, Singapura.

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Dede Sulaiman Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.427

Bagikan