BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengincar gelar juara Piala AFF 2022. Baginya gelar juara punya arti penting, termasuk untuk mengobati luka tragedi Kanjuruhan.

Tragedi Kanjuruhan menimbulkan korban jiwa hingga ratusan. Sekaligus menjadi peristiwa paling memilukan tak hanya di sepak bola Indonesia, tetapi juga dunia.

"Adanya tragedi Kanjuruhan, saya merasa bertanggung jawab atas kesedihan masyarakat. Jadi target tim nasional dan saya adalah menjadi juara di Piala AFF nanti," kata Shin Tae-yong di PSSI TV.

Baca Juga:

Termasuk Jordi Amat dan Sandy Walsh, 9 Pemain Absen dalam TC Perdana Timnas Indonesia di Bali

Elkan Baggott Bergabung dengan Timnas Indonesia jika Lolos Semifinal Piala AFF 2022

Timnas Indonesia belum pernah merasakan gelar juara Piala AFF sejak edisi 1996. Prestasi terbaik yakni menjadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

Persiapan mulai dilakukan terhitung Senin (28/11) di Bali. Shin Tae-yong sebelumnya memanggil 28 pemain, termasuk dua pemain naturalisasi baru yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Shin Tae-yong fokus ke fisik setidaknya selama sepekan. Setelah itu mungkin lebih ke taktik.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Skuat Garuda akan memulai kiprah pada 23 Desember menghadapi Kamboja di kandang. Kemudian dijamu Brunei pada 26 Desember, sebelum menerima kedatangan Thailand empat hari berselang. Laga terakhir akan dijalani di kandang Filipina pada 2 Januari 2023.