Shin Tae-yong Ingin Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner Tetap Perkuat Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 02 April 2023
Shin Tae-yong Ingin Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner Tetap Perkuat Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berharap Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner tetap menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) supaya bisa bermain untuk tim nasional.

Sebelumnya, ketiga pemain keturunan itu diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni.

Namun, setelah FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah, maka hak Timnas Indonesia U-20 untuk tampil di Piala Dunia U-20 menjadi gugur otomatis.

FIFA membatalkan turnamen dua tahunan di Indonesia karena alasan intervensi dan keamanan.

"Jujur belum ada laporan apa-apa tentang pemain naturalisasi seperti apa. Tapi saya berharap ketiga pemain ini tetap menjadi Warga Negara Indonesia untuk memperkuat Timnas Indonesia," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Berusaha Move On, Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos Piala Dunia

Shin Tae-yong Berharap FIFA Matchday Bulan Juni Lawan Negara Peringkat 100-an FIFA

Timnas Indonesia U-20 Resmi Dibubarkan Shin Tae-yong

Untuk proses perpindahan kewarganegaraan Justin, Rafael, dan Ivar, tinggal menunggu terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini setelah DPR menyetujui dan mengesahkannya lewat Sidang Paripurna pada 20 Maret lalu.

Jika Keppres sudah diterbitkan, maka mereka bertiga akan segera diambil sumpah setia sebagai WNI, kemudian mengurus paspor, dan melakukan perpindahan asosiasi dari negara asal mereka yaitu Belanda (KNVB) ke PSSI.

Setelah semua proses itu rampung, Justin Hubner dkk. bisa dilibatkan oleh Shin Tae-yong dalam FIFA Matchday kontra Palestina pada bulan Juni mendatang.

Kemudian mereka juga berpeluang tampil di Piala Asia 2023 yang akan dimainkan di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Timnas Indonesia Rafael Struick Justin Hubner Ivar Jenner Shin Tae-yong Piala Asia 2023 Piala Asia Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.252

Bagikan