BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali mengungkapkan harapannya terkait percepatan proses naturalisasi terhadap empat pemain keturunan. Keempatnya adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen.

Khusus untuk Sandy dan Jordi, berkas dan dokumen keduanya terkait kebutuhan proses naturalisasi sudah diterima PSSI dan diserahkan ke pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Pemuda dan Olaharaga atau Kemenpora.

Sedangkan untuk dokumen dari Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen, PSSI berharap bisa segera mendapatkannya pada Februari mendatang.

"Saya berharap semua (calon) pemain naturalisasi (prosesnya) dipercepat supaya bisa mengganti kewarganegaraan jadi Indonesia," kata Shin Tae-yong.

"Jadi saya akan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan PSSI jika proses ini dipercepat," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Bantai Timor Leste 3-0

Ricky Kambuaya Makin Termotivasi Usai Sumbang Gol di Dua Laga Kontra Timor Leste

Terkait permintaan Shin Tae-yong ini, Menpora RI Zainudin Amali mengaku sudah menerima berkas permohonan naturalisasi yang diajukan PSSI. Menpora bahkan berencana mengundang PSSI serta Shin Tae-yong untuk melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai proyek naturalisasi ini.

"Visi dan misi saya bersama PSSI ke depan bahwa naturalisasi ini benar-benar tujuannya membantu persepakbolaan kita," tutur Menpora Amali.

Sebelumnya, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, yang ditugaskan mengurus proses naturalisasi terhadap empat pemain keturunan itu berharap pekerjaannya bisa rampung pada April nanti.

"Apabila terjadi, Insyaallah pemain tersebut bisa bermain di Kualifikasi Piala Asia, Juni mendatang. Target Ketum PSSI adalah para pemain keturunan tersebut dapat membela Timnas di babak Kualifikasi Piala Asia dan Piala AFF 2022," ujar Hasani.