BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan dua sosok pelatih yang menjadi panutannya. Ia belajar taktik dari keduanya.

"Ada dua pelatih sepak bola di dunia yang saya senangi, yakni Pep Guardiola dan Jose Mourinho,” kata Shin Tae-yong saat menjalani sesi wawancara di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

“Saya merasa senang dengan taktik bermain dua pelatih ini. Saya juga belajar dari kedua pelatih ini, baik itu dari segi taktik maupun karakter bermainnya,” lanjut pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong mengungkapkan, salah satunya yakni Guardiola pernah berhadapan denganya saat sama-sama menjadi pemain di tim nasional masing-masing. Pertemuan itu terjadi tahun 1992 dalam sebuah laga persahabatan.

Baca Juga:

Profil Elkan Baggott: Membela Indonesia demi Sang Ibu

Pemain Indonesia Favorit Elkan Baggott Pelatihnya Sendiri

"Saya juga memiliki kenangan spesial. Pada 1992, saya bermain melawan timnas Spanyol dan salah satu pemain lawan ialah Pep Guardiola,” kenang Shin Tae-yong

“Itu menjadi kenangan tersendiri dan dari sana saya mulai senang dan mengidolakan Pep Guardiola,” tambahnya.

Kini, Guardiola merupakan salah satu pelatih tersukses di dunia. Pelatih asal Spanyol ini sudah memberikan banyak gelar bagi Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

Salah satunya mengantarkan Barcelona dua kali juara Liga Champions (2009 dan 2011). Kini Guardiola sedang melatih Manchester City untuk membawa The Citizen mencapai target juara Liga Champions pertamanya, setelah musim lalu hanya sampai laga final sebelum Dikalahkan Chelsea 0-1.

Sedangkan Mourinho kariernya mulai meredup setelah sukses treble winners bersama Inter Milan tahun 2010. Ia berpeluang ke Real Madrid, Manchester United, Tottenham Hotspur, hingga kini melatih AS Roma.