BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, lebih condong untuk melakukan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19/U-20 di Korea Selatan (Korsel) ketimbang negara-negara di Eropa.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, mencari alternatif lokasi TC Timnas Indonesia U-19 selain Korsel. PSSI menjajaki Belanda, Prancis, atau Jerman.

Hal ini dilakukan karena negara Eropa lebih longgar dalam memberlakukan 14 hari karantina karena pandemi Virus Corona (COVID-19). Beda dengan Korsel yang menetapkan 14 hari karantina. Menurut PSSI itu memakan waktu dalam persiapan Timnas Indonesia U-19.

Rencananya, TC ke luar negeri akan dilakukan pada 16 Agustus 2020. Ini sesudah perpanjangan TC di Jakarta hingga 15 Agustus 2020.

"Alasan pertama Korsel relatif aman dari COVID-19. Lalu, tim-tim di sana relatif lebih kuat dari pada di Indonesia. Menghadapi mereka akan bagus untuk meningkatkan kemampuan pemain," kata Shin Tae-yong, usai memimpin latihan Timnas Indonesia Senior dan U-19 di Stadion Madya, Jumat (7/8).

Baca Juga:

Timnas Indonesia Senior dan U-19 Dijadwalkan Berangkat TC ke Korsel pada 16 Agustus 2020

PSSI Jajaki Belanda, Prancis, atau Jerman sebagai Alternatif Lokasi TC Timnas Indonesia U-19

Shin Tae-yong sudah memiliki rencana termasuk menentukan domisili anak asuhnya, yaitu Kota Gwangju. Lokasi tersebut dianggapnya cukup strategis, karena ada klub-klub mumpuni seperti Pohang Steelers, Busan Ipark, dan Daegu FC yang bermarkas di dekatnya.

"Paling jaraknya sekitar 40-50 kilometer. Akan sangat bagus jika beruji coba melawan mereka," kata pelatih asal Korsel itu.

Saat ini, Timnas Indonesia Senior dan U-19 sedang menjalani TC di Jakarta dari 23 Juli lalu. Latihan perdana baru dilaksanakan Jumat (7/8), setelah ditunda sebanyak dua kali. Penundaan dilakukan untuk memastikan hasil tes swab ketiga negatif COVID-19.

TC kali ini sebagai persiapan Timnas Indonesia Senior menghadapi tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10), menjamu Uni Emirat Arab (13/10), dan tandang ke Vietnam (12/11).

Sedangkan bagi Timnas Indonesia U-19, TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Skuat Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.