Piala Asia 2023

Shin Tae-yong Panggil Pemain Itu-itu Saja, Pengamat: Buat Apa Ada Kompetisi!

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 22 Desember 2023
Shin Tae-yong Panggil Pemain Itu-itu Saja, Pengamat: Buat Apa Ada Kompetisi!
Aksi Stefano Lilipaly melawan Persikabo 1973. (LIB)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah menetapkan 28 pemain Skuad Garuda untuk persiapan Piala Asia 2023 Qatar. 28 pemain itu menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki pada 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024.

Shin Tae-yong mendapat sorotan soal 28 pemain yang dipanggilnya. Banyak yang berpendapat pemain yang dipanggil itu-itu saja.

Ambil contoh, Pratama Arhan yang punya menit bermain minim dipanggil. Sedangkan Stefano Lilipaly yang moncer di Liga 1 justru tidak dipanggil.

Lalu ada pula nama Dendy Sulistyawan yang belum memberikan dampak besar di Bhayangkara FC.

"Pengetahuan umum kita soal pemain dipanggil Timnas berdasarkan performa di kompetisi," kata pengamat sepak bola, Tommy Welly, dalam Diskusi Turun Minum yang digagas PSSI Pers, Kamis (21/12).

Baca Juga:

Kok Bisa Yance Sayuri Gagal Ikut TC Timnas Indonesia di Turki?

Perdebatan Pemanggilan Pemain ke Timnas, Nova Arianto: Jangan Asumsi Macam-macam

"Stefano Lilipaly dianggap punya kelemahan dari sektor fisik dan alasan itu juga bikin bingung karena terlalu general. Buat Lilipaly apakah itu fair? Tidak. Dia dihakimi punya kekurangan fisik, tapi apakah dia memang fisiknya lebih lemah dibanding Dimas Drajad dan Dendy Sulistyawan?" tambah pria yang akrab disapa Towel itu.

"Shin Tae-yong seharusnya memang menerapkan promosi degradasi di skuad Timnas Indonesia. Pemain yang tidak perform dalam skuad Garuda harus diparkir terlebih dahulu agar bisa introspeksi kesalahannya."

"Jika itu diterapkan, tidak menutup kemungkinan persaingan antarpemain bisa makin kompetitif. Terlebih, para pemain yang ada di Liga 1 atau Liga 2 Indonesia masih terus bisa menjaga mimpinya untuk membela Merah-Putih."

TC di Turki sebagai persiapan menghadapi Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Pasukan Shin Tae-yong menjalani laga perdana melawan Irak pada 15 Januari 2024.

Dalam TC di Turki, Asnawi Mangkualam Bahar dkk. dijadwalkan beruji coba melawan Libya di Antalya pada 2 dan 5 Januari 2024. Timnas Indonesia juga mengagendakan uji coba melawan Iran di Qatar pada 9 Januari 2024.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.116

Bagikan