Piala Asia 2023

Shin Tae-yong Percaya Diri, Tak Ada Jaminan Irak Kalahkan Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 14 Januari 2024
Shin Tae-yong Percaya Diri, Tak Ada Jaminan Irak Kalahkan Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia Vs Irak. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dengan penuh percaya diri menyatakan bahwa tidak ada jaminan Irak bisa mengalahkan tim asuhannya pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Senin (15/1).

Shin Tae-yong mengakui bahwa di atas kertas, Irak lebih diunggulkan meraih kemenangan. Bahkan, secara ranking FIFA pun, kedua kesebelasan terpaut cukup jauh.

"Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Timnas Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu dan saya harus mengakuinya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga, Minggu (14/1).

Berdasarkan update terakhir FIFA pada 21 Desember 2023, Irak menempati peringkat 63, atau nomor tujuh di Asia. Sementara itu, Indonesia ada di posisi 146.

Selain itu, pada pertemuan terakhir kedua tim di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar di Basra, 16 November 2023, Irak berhasil mencukur Timnas Indonesia dengan skor telak 5-1.

Baca Juga:

Pernah Kalah 1-5 dari Irak, Asnawi Pastikan Kekuatan Timnas Indonesia Saat Ini Berbeda

Syahrul Trisna Cedera, Nadeo Argawinata Dipanggil ke Timnas untuk Menggantikan

Namun, Shin Tae-yong menegaskan bahwa hasil itu tidak menjamin bahwa Timnas Indonesia bisa kembali dikalahkan dengan mudah oleh Irak. Ia memperingatkan Irak bahwa tim asuhannya akan berusaha untuk meraih hasil maksimal.

"Jadi tidak ada jaminan 100 persen kami bakal kalah melawan Irak besok. Bola itu bundar. Soal pertandingan besok, saya tidak tahu, Anda tidak tahu, siapa pun tidak tahu bagaimana hasilnya," ucap Shin.

Shin Tae-yong menambahkan, Timnas Indonesia datang ke Piala Asia 2023 bukan untuk sekadar numpang lewat. Pelatih 53 tahun tersebut menilai tim asuhannya punya potensi besar, karena diperkuat mayoritas pemain-pemain muda bertalenta.

"(Tim) kami masih sangat muda. Kami adalah tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup kami dan relatif lebih lemah. Namun, tetap saya bisa katakan bahwa tim kami punya potensial dan kami sedang mencoba membangun, bukan hanya performa, tetapi juga kepercayaan diri," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Timnas Indonesia Timnas Irak Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.391

Bagikan