Shin Tae-yong Percaya Tuah Jordi Amat di Laga Timnas Indonesia Kontra Vietnam

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 05 Januari 2023
Shin Tae-yong Percaya Tuah Jordi Amat di Laga Timnas Indonesia Kontra Vietnam
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok bersama Jordi Amat usai bobol gawang Thailand, pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12)

BolaSkor.com - Keberadaan Jordi Amat di Skuat Timnas Indonesia ternyata menambah kepercayaan diri Shin Tae-yong. Pelatih Timnas Indonesia itu mengaku sangat mengandalkan Jordi Amat terutama untuk menghadapi laga-laga besar dan krusial, termasuk saat bertemu Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

Jordi Amat merupakan satu dari tiga pemain keturunan yang dinaturalisasi PSSI menjelang Piala AFF 2022. Dua pemain lainnya adalah Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Namun, pada Piala AFF 2022, baru Jordi Amat yang bisa bermain. Sandy Walsh yang sudah mengantongi paspor Indonesia gagal tampil karena tidak dilepas oleh klubnya, KV Mechelen.

Sementara itu, Shaynye Pattynama masih menjalani proses perpindahan kewarganegaraan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru menandatangani Keppres (Keppres) tentang pemberian kewarganegaraan Indonesia pada Shayne pada Selasa (3/1).

Adapun dari empat laga Timnas Indonesia di fase grup, Jordi Amat bermain dua kali. Dia tampil saat Indonesia mengalahkan Kamboja 2-1 dan ditahan imbang Thailand 1-1.

Dalam dua pertandingan itu Jordi Amat dinilai bermain sangat baik, meski Indonesia selalu kebobolan. Pengalaman dan mental Jordi Amat yang terasah di Eropa diharapkan bisa membendung agresivitas dan ketajaman para pemain Vietnam yang membukukan 12 gol di fase grup.

Baca Juga:

Jelang Semifinal Piala AFF 2022, Jordi Amat Nyatakan Tidak Takut dengan Vietnam

Lawan Vietnam, Shin Tae-yong Janji Permainan Timnas Indonesia Bakal Keren

Kick Off Timnas Indonesia Vs Vietnam Maju, Park Singgung Status Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1). Kemenangan dengan clean sheet tentu jadi target Shin Tae-yong untuk modal melakoni leg kedua yang bakal berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Senin (9/1).

"Jordi sangat baik dan berpengalaman bermain di laga-laga besar. Besok pastinya dia akan memimpin tim dengan baik dan mendapatkan kemenangan. Saya sangat percaya dengan dia," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum pertandingan di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/1).

Terkait dengan rekor pertemuannya dengan Vietnam yang tidak bagus, Shin Tae-yong menyebut kalau itu hanya masa lalu. Dia bertekad untuk mengubahnya mulai besok sore.

Dari empat pertemuan dengan Vietnam, Shin Tae-yong hanya sanggup mendapatkan dua hasil imbang dan dua kekalahan. Hasil imbang didapat saat Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura (0-0) dan di Piala AFF U-19 2022 (0-0).

Sementara itu, dua kekalahan dari Vietnam yang diperoleh Shin Tae-yong bersama Indonesia diperoleh pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan babak penyisihan grup SEA Games 2021. Di dua pertemuan itu, Tim Merah-Putih kalah 4-0 dan 3-0.

"Masa lalu biarkan menjadi masa lalu. Mulai dari sekarang (besok), adalah pertandingan sesungguhnya," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Timnas Indonesia Timnas vietnam Jordi Amat Shin Tae-yong Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.257

Bagikan