BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, mengungkapkan kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi, menjadi prioritas utama untuk dinaturalisasi guna membela Timnas Indonesia.

"Itu berdasarkan permintaan pelatih Shin Tae-yong. Opsi pertamanya untuk yang keempat ini adalah Emil," ungkap Hasani Abdulgani, dikutip dari Antara, Selasa (1/3).

Perwakilan PSSI akan melakukan pembicaraan dengan Emil Audero di Italia, Rabu (2/3) malam waktu setempat. Adapun yang menjadi perwakilan PSSI dalam diskusi tersebut adalah warga Italia yang merupakan teman dari manajer Emil.

"Kalau misalnya Emil mau untuk dinaturalisasi, maka kami akan melanjutkan prosesnya dan segerakan. Jika tidak, maka kami akan beralih ke pemain lain yaitu Jordy Wehrmann," papar Hasani.

Baca Juga:

Ada Satu Pemain Keturunan Direkomendasikan Warganet, tetapi Shin Tae-yong Tak Setuju

Profil Shayne Pattynama: Calon Pemain Naturalisasi Timnas Berdarah Semarang

Hasani Abdulgani menambahkan, pelatih Shin Tae-yong hanya memprioritaskan empat nama saja. Dua nama yakni, Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah memasuki babak baru.

Naturalisasi keduanya sedang masuk persetujuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, DPR RI, dan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Keduanya ditargetkan bisa membela Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022 mendatang.

Satu pemain keturunan lainnya yang akan diproses adalah Shayne Pattynama. Dokumen pemain keturunan Indonesia-Belanda ini sudah diberikan kepada PSSI, dalam hal ini sedang dalam pemeriksaan tim legal PSSI.

"Jadi hanya empat. Karena sebelumnya sudah ada tiga, artinya pilihan tinggal Emil atau Jordy," tukas Hasani Abdulgani.

Ditolak Roberto Mancini, Emil Audero Pernah Tolak Bela Timnas Indonesia

Emil Audero Mulyadi
Emil Audero Mulyadi. (Istimewa)

Di sisi lain, Emil Audero adalah pemain keturunan Indonesia-Italia. Sang ayah berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kiper berusia 24 tahun itu membela klub Serie A Italia, Sampdoria. Ia juga pernah mengecap caps bersama Juventus. Emil Audero juga pernah membela timnas Italia U-21.

Emil Audero Pernah menolak untuk membela Timnas Indonesia saat ingin dinaturalisasi pada zaman PSSI kepemimpinan Edy Rahmayadi pada tahun 2017. Saat itu, Emil Audero memprioritaskan untuk bisa membela timnas Italia senior.

Namun, Hasani Abdulgani pernah mengatakan, pelatih timnas Italia Roberto Mancini, tidak tertarik kepada Emil Audero.

"Jadi ceritanya bidang ke-dirtek-an PSSI kan punya database pemain keturunan dan pemain Indonesia, saya juga mengajukan ke sana supaya dilihat kiper Sampdoria. Dia kan punya darah Indonesia dari sang ayah. Saya akhirnya menelepon kawan saya seorang agen di Italia. Dia langsung menghubungi (Roberto) Mancini (pelatih timnas Italia). Kata Mancini, dia tidak tertarik membawanya ke timnas Italia Senior, mungkin karena persaingan yang ketat," kata Hasani Abdulgani kepada BolaSkor.com.