BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akhirnya angkat bicara ketika disinggung soal pernyataan anggota Komite Eksekutif PSSI, Haruna Soemitro. Pernyataan Haruna menimbulkan polemik.

Bahkan pernyataan sampai memunculkan pergerakan di kalangan pecinta sepak bola Indonesia. Tak hanya di media sosial, tetapi juga ruang publik.

Selebaran berupa dukungan terhadap Shin Tae-yong serta permintaan agar Haruna keluar dari PSSI masing-masing disertai tanda pagar Save STY atau STY Stay dan Haruna Out ditempelkan.

Pernyataan yang menimbulkan polemik di antara soal keharusan meraih prestasi, sementara proses dijelaskan tidak dilihat. Haruna mempertanyakan kekalahan telak 0-4 dari Thailand, sementara kala di SEA Games skuat Garuda asuhan Indra Sjafri hanya takluk 0-2 meski hal ini tak relevan.

Baca Juga:

Jadi Lawan Timnas Indonesia, Timor Leste Turunkan Skuat U-23

Alfeandra Dewangga Sebut Shin Tae-yong Benahi Passing Pemain Timnas Indonesia

Haruna juga menjelaskan bahwa Shin Tae-yong tersinggung dan merasa direcoki. Ia juga tidak setuju dengan Shin Tae-yong yang menyebut Indonesia minim striker.

Exco PSSI itu turut mengomentari permainan Timnas Indonesia, yang malah disebutnya bermain direct ball dan berbeda dengan apa yang diterapkan pelatih di klub.

"Saya tidak dalam mood yang baik, tetapi saya tidak akan mengatakan sesuatu yang khusus. Saya hanya ingin berterima kasih kepada para fans karena mengetahui bahwa tim kami sudah bekerja keras dan mendukung kami," jelas Shin Tae-yong kepada The JoongAng.

Shin Tae-yong juga menanggapi soal kesempatan menjadi bintang iklan. Shin Tae-yong mengisi iklan sebuah produk kopi bersama dua anak asuhnya Alfeandra Dewangga dan Ramai Rumakiek.

Menurutnya, tawaran datang tiga minggu lalu. Shin Tae-yong kemudian menjalani syuting selama tujuh jam pada 19 Januari.

Shin Tae-yong tahu bahwa sebelumnya produk kopi tersebut memakai bintang Korea, Lee Min-ho. "Saya membuat video viral saat melatih tim nasional Korea, tetapi ini adalah pertama kalinya saya melakukan iklan resmi," jelas Shin Tae-yong.

Tawaran datang diperkirakan tak lepas dari naiknya popularitas Shin Tae-yong. Hal itu juga terlihat di akun Instagram-nya.

"Pengikut Instagram saya dari 100.000 meningkat menjadi 600.000 dan sekarang memiliki 862.000. Saya tidak melakukan upaya keras di media sosail, tetapi setiap kali membukanya, jumlah pengikut naik. Enak rasanya," kata Shin Tae-yong, yang disebut media tersebut sambil tertawa.

Media Korea tersebut juga menyoroti kehadiran Shin Tae-yong dalam podcast Deddy Corbuzier. Tanya jawab yang ditayangkan di Youtube itu ditonton lebih dari 12 juta kali.

Shin Tae-yong saat ini fokus mempersiapkan Timnas Indonesia untuk menghadapi Timor Leste pada 27 dan 30 Januari. "Saya akan melakukan yang terbaik, meski tidak dapat memakai jasa empat pemain di luar negeri, termasuk Asnawi," jelas Shin Tae-yong termasuk soal Piala AFF U-23 2022 di Kamboja.