Shin Tae-yong Sebut Piala AFF Butuh VAR

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 24 Desember 2021
Shin Tae-yong Sebut Piala AFF Butuh VAR
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyebut Piala AFF butuh Video Assistent Referee (VAR). Ia mengatakan ini karena melihat ada sejumlah keputusan yang salah dibuat wasit di Piala AFF 2020.

Pertama, pelatih asal Korea Selatan itu menyebut insiden Ricky Kambuaya melawan Singapura pada semifinal pertama. Wasit Kim Hee-gon tidak menunjuk titik penalti atas pelanggaran Nazrul Nazari terhadap Ricky Kambuaya.

Terlihat pelanggaran tersebut terjadi di dalam kotak penalti. Namun, wasit Kim Hee-gon hanya menunjuk tendangan bebas.

Kedua, pelatih berusia 53 tahun itu melihat insiden Vietnam yang tak mendapat hadiah tendangan penalti saat melawan Thailand di semifinal pertama. Wasit Saoud Al-Abda asal Qatar tidak menunjuk titik putih usai pemain Thailand handball jelang pertandingan berakhir.

Padahal terlihat jelas Saoud Al-Abda berada di depan kejadian tersebut. Alhasil, Vietnam pun gagal mengejar kertertinggalan hingga kalah 0-2 dari Thailand.

Baca Juga:

Momen Natal Bela Negara, Ramai Rumakiek Siap Bawa Timnas Kalahkan Singapura

Timnas Indonesia Vs Singapura di Semifinal Kedua, Shin Tae-yong Waspadai 4 Pemain Ini

"Saya berpendapat bahwa turnamen ini membutuhkan VAR. Memang saya salah satu yang berpengalaman di Piala Dunia. Sebagai manusia, wasit tidak bisa melihat dengan tepat 100 persen, tapi walau para pemain bekerja keras dengan 100 persen di lapangan, bisa saja wasit menghancurkan pertandingannya," kata Shin Tae-yong, dalam konferensi pers jelang laga semifinal kedua Timnas Indonesia lawan Singapura.

"Singapura punya keuntungan sebagai tuan rumah, tapi wasit harus membantu para pemain dan juga menjaga sportsmanship. Itu harus dipikirkan juga oleh wasit. Pertandingan kemarin kami seharusnya mendapat penalti, Vietnam juga seharusnya mendapat penalti, tapi saya bingung kenapa tidak diberikan penalti. Untuk meningkatkan kualitas turnamen, saya rasa wasit juga perlu meningkatkan kualitas dan VAR juga sangat dibutuhkan," tambahnya.

Shin Tae-yong kini menatap laga semifinal kedua Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia melawan Singapura di National Stadium, Sabtu (25/12) malam WIB.

Skuat Garuda harus meraih kemenangan untuk lolos ke final, setelah main imbang 1-1 melawan Singapura di semifinal kedua. Pasalnya, pada semifinal Piala AFF 2020, regulasi keuntungan gol tandang dihapus.

Shin Tae-yong Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan