Piala Asia U-23 2024

Shin Tae-yong Sesumbar Timnas U-23 Bisa ke Semifinal Piala Asia U-23 2024, Asal...

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 04 Februari 2024
Shin Tae-yong Sesumbar Timnas U-23 Bisa ke Semifinal Piala Asia U-23 2024, Asal...
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan instruksi melawan Irak. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sangat serius untuk mempersiapkan tim menghadapi ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Turnamen itu akan berlangsung pada 15 Apri sampai 3 Mei mendatang.

Saat bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Shin Tae-yong mengatakan Timnas Indonesia U-23 harus bisa melangkah jauh di Piala Asia U-23 2024.

Meski turnamen kelompok umur, Shin Tae-yong mematok target tinggi. Dia ingin Garuda Muda lolos ke babak knock out, bahkan sampai ke semifinal. Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengincar tiket ke Olimpiade Paris 2024 dengan menjadi semifinalis Piala Asia U-23 2024.

Selain itu, jika bisa melewati target, maka peluang PSSI memperpanjang kontraknya menjadi sangat terbuka. Erick Thohir berkali-kali menegaskan kalau hasil Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 menjadi salah satu faktor pengambilan keputusan terkait kontrak Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-23 TC di Dubai Mulai 31 Maret, Agendakan Uji Coba Kontra China

Bintang Muda Persija Dony Tri Berusaha agar Dilirik Shin Tae-yong ke Piala Asia U-23 2024

Kontrak Shin Tae-yong akan berakhir pada Juni 2024. Jika mencapai target di Piala Asia U-23, Shin Tae-yong berpeluang mendapatkan perpanjangan kontrak sampai 2027.

Sebelumnya, Shin Tae-yong berhasil memenuhi target lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 bersama Timnas Senior. Ini jadi sejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia lolos ke fase gugur Piala Asia, setelah di empat edisi sebelumnya pada 1996, 2000, 2004 dan 2007 (sebagai tuan rumah) Skuad Garuda selalu tersingkir di babak penyisihan grup.

"Jadi untuk sepak bola Indonesia berkembang, kita harus lolos dari penyisihan grup, sampai ke babak 8 besar, dan babak 4 besar walaupun Piala Asia U-23," kata Shin Tae-yong, dikutip dari akun Instagram Erick Thohir.

Shin Tae-yong yakin target itu dapat terwujud. Meski PSSI hanya menargetkan Timnas Indonesia U-23 lolos ke delapan besar atau perempat final, Shin Tae-yong ingin melaju sampai semifinal.

Namun, kata Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-23 harus mempersiapkan diri dengan baik. Selain itu, para pemain abroad, seperti Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, Belgia), Ivar Jenner (FC Utrecht, Belanda), Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21, Inggris) dan Elkan Baggott (Bristol Rovers, Inggris) bisa ikut memperkuat Skuad Garuda.

Tantangan besar bagi PSSI untuk memenuhi permintaan Shin Tae-yong. Pasalnya, ajang Piala Asia U-23 tidak termasuk ke dalam kalender FIFA sehingga klub tidak wajib untuk melepas pemainnya.

"Baru persiapan kita akan baik, apalagi jika kita bisa memanggil pemain seperti Marselino, Ivar, Justin, Elkan, dan ini cukup bisa diuji untuk bisa lolos sampai babak delapan besar, dan malah bisa lebih dari itu," tuturnya.

Di Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A. Tim Merah-Putih akan bersaing dengan tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania.

Sebelum itu, Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan menggelar pemusatan latihan singkat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). TC itu dijadwalkan pada 31 Maret sampai 8 April.

Timnas indonesia u-23 Shin Tae-yong Pssi Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.381

Bagikan