Shin Tae-yong Tak Jadikan Pemain Naturalisasi Prioritas di Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 29 Desember 2019
Shin Tae-yong Tak Jadikan Pemain Naturalisasi Prioritas di Timnas Indonesia
Shin Tae-Yong (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Shin Tae-yong resmi diperkenalkan PSSI sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (28/12). Shin Tae-yong dikontrak 4 tahun oleh PSSI.

Pelatih berumur 49 tahun itu akan menangani Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong bakal membantu Timnas Indonesia U-16, U-19, dan U-23. Di mana, ia menjabat manajer pelatih, jabatan di atas pelatih kepala.

Ia sudah menganalisa siapa-siapa saja yang akan menjadi pemain Timnas Indonesia Senior dan U-20. Shin Tae-yong akan memanggil 60 pemain untuk seleksi di Bali atau Surabaya pada 13 Januari 2020.

Baca Juga:

Menpora Optimistis Shin Tae-yong Bawa Prestasi untuk Timnas Indonesia

Indra Sjafri Benarkan Bantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Saat ditanya soal kriteria pemain, pelatih asal Korea Selatan ini suka dengan pemain yang kerja keras, disiplin, tak egois, dan mau belajar. Shin Tae-yong tidak memprioritaskan pemain naturalisasi. Menurutnya, Indonesia punya banyak pemain lokal berbakat.

“Tapi tidak akan terpilih jika egois dan tidak ada mental untuk bermain demi Indonesia. Saya juga butuh pemain yang rela berkorban untuk Timnas. Jika pemain rela mengorbankan dirinya pasti bisa terpilih. Selain itu tentu harus punya semangat,” tutur Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir gemar diperkuat pemain naturalisasi, seperti Greg Nwokolo, Osas Saha, Victor Igbonefo, dan Otavio Dutra. Nama-nama itu gemar dipakai saat era Simon McMenemy.

Beto Goncalves dan Stefano Lilipaly menjadi pemain naturalisasi andalan Timnas Indonesia era Luis Milla. Walaupun keduanya juga diandalkan Simon McMenemy. Namun era Simon McMenemy lebih banyak menggunakan pemain naturalisasi dibanding Luis Milla.

Sebelum itu, Lilipaly juga menjadi andalan Timnas Indonesia era Alfred Riedl di Piala AFF 2016. Jauh sebelum itu, pemain naturalisasi banyak menghiasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2012, seperti Raphael Maitimo, Jhon van Beukering, hingga Tonnie Cusell.

Shin Tae-yong Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan